Perbaikan Jalan Akses Wisata Malang Selatan Telan Ratusan Miliar APBN

Perbaikan jalan akan dilakukan di 2 titik di Malang Selatan

Malang, IDN Times - Perbaikan jalan rusak di Malang Selatan kemungkinan akan segera dilaksanakan. Beberapa wilayah telah didata untuk menentukan jalan mana saja yang jadi prioritas perbaikan. Rencananya, perbaikan jalan-jalan yang jadi akses utama wisata-wisata pantai di Malang Selatan akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pembangunan jalan juga direncanakan akan menelan biaya ratusan miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jalan-jalan ini nantinya akan dialihkan menjadi jalan nasional yang menopang Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Malang.

1. Total Rp437 miliar dari APBN akan digelontorkan untuk perbaikan jalan di Malang Selatan

Perbaikan Jalan Akses Wisata Malang Selatan Telan Ratusan Miliar APBNBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengatakan jika setidaknya dana sebesar Rp437 miliar dari APBN akan digelontorkan oleh pemerintah pusat. Akan ada dua jalur yang akan dibenahi, yaitu akses menuju Pantai Balekambang dan akses menuju Pantai Ngliyep.

"Kalau yang Balekambang Rp390 miliar dari PUPR. Sementara Ngliyep dari Inpres (Instruksi Presiden) Rp47 miliar," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (11/07/2023).

Rencananya, jalan menuju Pantai Balekambang yang akan mendapat perbaikan dimulai dari Kecamatan Gondanglegi sampai Kecamatan Bantur. Sementara akses Pantai Ngliyep akan mendapat perbaikan dari Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung sampai Kecamatan Donomulyo.

2. Bupati Malang mengatakan bahwa perbaikan jalan ditarget selesai sebelum 2023 berakhir

Perbaikan Jalan Akses Wisata Malang Selatan Telan Ratusan Miliar APBNBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sanusi mengatakan jika saat ini progres perbaikan jalan ini sudah memasuki tahap pelelangan tender. Sehingga perbaikan jalan akan langsung dimulai setelah ada yang memenangkan tender. Dan ditargetkan jalan menuju Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyeb akan kembali mulus sebelum 2023 berakhir.

"Saat ini proses tender, karena dari pusat ditargetkan tahun ini selesai. Jadi ditunggu saja," ucapnya.

Perbaikan jalan menuju Pantai Balekambang memang sudah sangat ditunggu-tunggu warga. Pasalnya akses utama menuju beberapa destinasi wisata di Malang Selatan ini terlanjur rusak parah dan tak kunjung diperbaiki.

Baca Juga: Area Pencarian WNA Hilang di Pantai Malang Selatan Diperluas 

3. Berdasarkan data BPS, 33 persen jalan di Kabupaten Malang mengalami kerusakan

Perbaikan Jalan Akses Wisata Malang Selatan Telan Ratusan Miliar APBNKondisi memprihatinkan jalan di Malang Selatan, padahal akses utama wisatawan nasional dan internasional. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik), Kabupaten Malang punya jalan sepanjang 1.558,76 kilometer. Tapi, 33 persen di antaranya mengalami kerusakan. Artinya 467,25 kilometer jalan di Kabupaten Malang dalam kondisi tak layak dilewati.

Apesnya, jalan-jalan yang rusak tersebut mayoritas adalah akses menuju lokasi wisata. Padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang selalu menggembar-gemborkan sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Malang. Tapi wisatawan yang datang ke Kabupaten Malang selalu mengeluhkan jalan yang tidak kunjung diperbaiki.

"Sebenarnya pantai-pantai di Kabupaten Malang ini menjanjikan. Tapi akses jalan di sini benar-benar tidak nyaman buat dilewatkan mobil apalagi motor," terang Aris wisatawan asal Bojonegoro saat ditemui di Pantai Jembatan Panjang Malang.

Baca Juga: 100 Persen Bacaleg di Kabupaten Malang Belum Memenuhi Syarat

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya