Comscore Tracker

Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil Dibahas di MPR

Berharap Presiden segera menyetujui Gelar Pahlawan

Surabaya, IDN Times - Ulama asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim), Syaikhona Kholil terus didorong agar segera mendapat gelar pahlawan nasional. Salah satu yang gencar mengusulkan ialah Partai Nasdem. Partai ini turun langsung mencari bukti penguat ke Bangkalan serta kajian di lingkup Jatim hingga nasional.

1. Syekh Kholil memang patut dapat gelar pahlawan nasional

Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil Dibahas di MPRKonpers jelang Hari Santri Nasional 2021 dorong Syaikhona Kholil jadi pahlawan nasional di DPW Nasdem Jatim, Rabu (6/10/2021).

Wakil Ketua DPW Nasdem Jatim, Vinsensius Awey mengatakan, Syaikhona Kholil sudah sepatutnya mendapatkan gelar pahlawan nasional. Sebab, ia merupakan guru dari para ulama. Termasuk gurunya pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari.

"Maka dari itu, Nasdem menggelar seminar nasional bertajuk Syaikhona Kholil di gedung parlemen, Jakarta pada 14 Oktober 2021," ujarnya.

Baca Juga: DPR Minta KH Syaikhona Kholil Dapat Gelar Pahlawan Nasional 

2. Jasanya sangat besar kepada bangsa

Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil Dibahas di MPRKonpers jelang Hari Santri Nasional 2021 dorong Syaikhona Kholil jadi pahlawan nasional di DPW Nasdem Jatim, Rabu (6/10/2021).

Ketua Fraksi Nasdem MPR, Taufik Basari mengakui tujuan dari seminar nasional ini untuk menajamkan pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil. "Mendukung upaya teman-teman dari Yayasan Syaikhona Kholil dan khusunya para ulama dan guru di Madura," kata dia.

"Mendukung memperjuangkan Syekh Kholil sebagai pahlawan nasional. Karena Syekh Kholil adalah guru dari para pahlawan nasional," dia melanjutkan.

Sebagai kepanjangan tangan rakyat, Taufik hanya mengingatkan masyarakat bahwa ada tokoh yang luar biasa, tokoh yang berjasa kepada bangsa. "Untuk itu kita berharap rangkaian kegiatan ini bisa membuahkan hasil dan didengarkan oleh Dewan Gelar dan Presiden agar bisa menjadikan Syekh Kholil sebagai pahlawan nasional," katanya.

3. Bupati Bangkalan dukung Syekh Kholil kado pahlawan nasional

Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil Dibahas di MPRWali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin saat meninjau posko penyekatan Suramadu, Rabu (16/6/2021) malam. Dok Humas Pemkot Surabaya

Sementara itu, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus Partai Nasdem atas konsistensi partai besutan Surya Paloh itu memperjuangkan pemberian gelar pahlawan terhadap Syekh Kholil.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua fraksi MPR dan segenap jajaran pengurus NasDem yang telah membantu melakukan penguatan pengusulan gelar pahlawan kepada Syekh Kholil," pungkas dia.

Baca Juga: NasDem Jatim Dorong Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya