Comscore Tracker

Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin Blitar

Bupati Blitar periode 2021-2024

Baru saja terjun di dunia politik, Rini Syarifah berhasil mengejutkan masyarakat Blitar. Pasalnya, ia menggandeng Rahmat Santoso. Keduanya cukup asing di kancah politik Kabupaten Blitar. Lalu sebenarnya siapakah Rini Syarifah? Berikut adalah profilnya.

1. Berasal dari keluarga tokoh NU Blitar

Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin BlitarBupati Blitar, Rini Syarifah bersama suami dan putra putrinya. Instagram/@makriniofficial

Rini Syarifah merupakan wanita yang lahir pada tanggal 15 Mei 1977 di Blitar. Mak Rini, sapaan akrabnya, memiliki pasangan hidup bernama Zainal Arifin dan dikaruniai dua orang anak.

Mak Rini adalah seorang anak dari KH Musa Ismail, seorang tokoh Nahdatul Ulama (NU), sekaligus pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar. Tidak hanya Mak Rini yang terjun ke dunia politik, salah satu adik kandungnya, Mohammad Troboni pernah mengikuti penjaringan calon Wali Kota Blitar di Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kota Blitar. Meksipun gagal dalam penjaringan internal tersebut, nama Toni sempat menjadi buah bibir di bursa pencalonan.

Salah satu kakak kandungnya, Purnawa Buchori juga berkecimpung di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kota Blitar dan menjadi Wakil Walikota Blitar periode 2010 hingga 2015.

Baca Juga: Profil Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Perempuan Pertama

2. Lulusan salah satu universitas ternama di Jawa Timur

Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin BlitarBupati Blitar, Rini Syarifah. Instagram/@makriniofficial

Mak Rini menghabiskan masa kecil dan pendidikannya di Blitar. Lulus dari SD Negeri Kepanjenlor 2 pada 1989, ia masuk ke SMP Negeri 1 Blitar. Setelah lulus, ia melanjutkan masa putih abu-abunya di SMA Negeri 1 Garum dan mendapatkan ijazahnya pada tahun 1995.

Setelahnya, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Kota Malang, Universitas Brawijaya lebih tepatnya. Di universitas ternama tersebut, wanita berusia 44 tahun ini mengambil program studi akuntansi dengan gelar diplomat tiga (D3).

3. Perjalanan karir sama sekali tidak bersentuhan dengan politik

Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin BlitarBupati Blitar, Rini Syarifah. Instagram/@makriniofficial

Sebelum terjun ke dunia politik, Mak Rini menapaki begitu banyak jalan. Ia mengelola Toko Buku Restu dari tahun 1996. Kemudian pada tahun 2000, ia menjabat sebagai Manager Restu Group. Hebatnya, jabatan tersebut masih dipegangnya hingga saat ini. Selain itu, ia juga mengelola Toko Mulia dan Peternakan Kambing dan Sapi bernama Mulia Far dari tahun 2015. Di tahun yang sama, ia juga menjadi Manager Ultima Sound System. Dua tahun berikutnya ia menjadi Pengelola Bale Karisa hingga saat ini. Wah sangat mulus ya jalan karirnya!

4. Organisasi politik yang Mak Rini ikuti

Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin BlitarBupati Blitar, Rini Syarifah. Instagram/@makriniofficial

Pada tahun 2011, Mak Rini menjadi pembina di salah satu organisasi politik, yaitu Sedekah On The Road Wilayah Jawa Timur. Jabatan itu masih dipegangnya hingga saat ini. Lalu tahun ini hingga 2026, Mak Rini diberi amanah untuk menjadi Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar.

5. Berhasil menjadi bupati perempuan pertama di Blitar

Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin BlitarBupati Blitar, Rini Syarifah saat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam diskusi kerja sama terkait pangan. Instagram/@makriniofficial

Aktif sebagai politikus PKB, Mak Rini mencalonkan diri pada Pilkada serentak 2020. Ia menggandeng Rahmat Santoso sebagai wakilnya. Mereka berhasil memperoleh suara sebanyak 365.365 atau setara dengan 58,84 persen. Pasangan ini diusung oleh koalisi PKB, PAN, dan PKS. Atas perolehan suara tersebut, mereka berhasil mengalahkan paslon sebelah. Kemenangan ini menoreh sejarah atas Mak Rini sebagai bupati perempuan pertama di Blitar.

Penulis Magang: Jovanka Okta

Baca Juga: Profil Wakil Bupati Bangkalan Mohni

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya