Comscore Tracker

Kesuksesan 11 Lagu Ini Buktikan Kejayaan Girl Group K-pop di 2022

Sebuah capaian baru dalam sejarah K-Pop..

Banyak rilisan lagu K-pop yang sukses di tahun ini, mulai dari grup yang baru debut, grup yang comeback hingga penyanyi solo yang melangsungkan debut pertama di grupnya. Tapi yang paling menarik perhatian adalah, kesuksesan lagu K-pop di tahun ini didominasi oleh grup wanita atau girl group.

Para solois dan girl group Kpop ini menguasai tangga lagu dan deretan piala di acara musik yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Bisa dikatakan, tahun 2022 adalah kejayaan girl group K-pop karena telah menguasai keberhasilan lagu-lagu Kpop di tahun ini.

Jika kamu tidak percaya, coba lihat 11 rilisan lagu K-pop dari 9 girl group berikut ini yang membuktikan bahwa 2022 adalah tahunnya girl group Korea.

1. BLACKPINK - Pink Venom dan Shut Down

https://www.youtube.com/embed/POe9SOEKotk

Agustus hingga September 2022 adalah bulannya BLACKPINK!  Ya, di tahun ini, BLACKPINK merilis album "Born Pink" dan dua music video dalam lagu Pink Venom dan Shut Down. Dan dua kali berturut-turut pula BLACKPINK terus membawa pulang piala di berbagai acara musik Korea dan penghargaan musik di Amerika.

Dengan cepat, Pink Venom dan Shut Down mengambil alih tangga lagu. Album "Born Pink" sendiri adalah album girl grup K-pop pertama dalam sejarah yang melampaui satu juta pesanan pada hari pertama.

Baca Juga: Pink Venom Tak Masuk Chart Music Bank, Prediksi Episode 3-4 Law Cafe

2. TWICE - Talk That Talk

https://www.youtube.com/embed/k6jqx9kZgPM

Lagu Talk That Talk bisa dikatakan luar biasa. Bahkan, setelah tiga minggu lagu ini dirilis, grup di bawah naungan JYP Entertainment ini masih saja memecahkan rekor. Album terbaru mereka telah menghabiskan tiga minggu terakhir di posisi teratas Billboard World Albums Chart.

Hal itu membuat album "Between 1&2" menjadikan TWICE satu-satunya girl grup K-pop yang memiliki dua album yang pencapaiannya hingga sejauh ini.

3. Nayeon TWICE - POP!

https://www.youtube.com/embed/f6YDKF0LVWw

Tak perlu menjadi kpopers, kamu yang aktif media sosial pasti mendengarkan lagu POP! milik Nayeon TWICE ini. Hingga artikel ini diunggah, music video (MV) POP! telah mendapatkan 133 juta penonton. Wow!

Nayeon juga telah mengumpulkan lima kemenangan di acara musik melalui lagu debutnya ini. Ia sekaligus menjadi pemenang acara musik dan meraih triple crown.

Baca Juga: Balik ke Korea, Penguntit Nayeon TWICE Menghubungi Jongyeon!

4. aespa - Girls

https://www.youtube.com/embed/dYRITmpFbJ4

Meski belum genap 2 tahun, MV Girls milik aespa menjadi MV keempat mereka yang mencapai 100 juta penonton. Bahkan, Mini album Girls menjadi album girl group K-pop terlaris sepanjang masa di bulan Agustus lalu. Tentu ini adalah pencapaian luar biasa bagi girl group di generasi 4.

Aespa bahkan menjadi artis K-pop wanita tercepat yang masuk ke Billboard 200 Top 3.

Baca Juga: 20 Harga Airpot Fashion Member aespa, Sampai Ratusan Juta!

5. Girl's Generation - Forever 1

https://www.youtube.com/embed/Qpf26PtBXgo

Kembalinya legenda girl group K-pop, membuat Girl's Generation semakin mengukuhkan fakta bahwa 2022 adalah tahunnya girl group. Girl's Generation akhirnya comeback dengan formasi full member untuk pertama kalinya setelah lima tahun dalam album mereka "Forever 1".

Lagu Forever 1 pun mencapai posisi teratas di tangga lagu iTunes di puluhan negara di seluruh dunia. Dalam comeback kali ini, grup besutan SM Entertainment ini membuat para penggemarnya akhirnya bisa bernostalgia dengan delapan anggotanya.

5. LE SSERAFIM - Fearless

https://www.youtube.com/embed/4vbDFu0PUew

Tampil dengan konsep yang berbeda dengan girl group K-Pop kebanyakan, LE SSERAFIM berhasil membuat heboh dengan lagunya berjudul Fearless. Bahkan dalam sekejab, Fearless sukses mengumpulkan empat kemenangan di acara musik.

Hingga artikel ini dibuat, MV Fearless sudah 116 juta kali tayangan di youtube dan membuat kesuksesan grup wanita semakin tak terbantahkan.

7. NewJeans - Attention dan Hype Boy

https://www.youtube.com/embed/js1CtxSY38I

Setelah LE SSERAFIM, NewJeans adalah girl group kedua HYBE yang debut pada tahun ini. Dengan mini album mereka "New Jeans", group yang terdiri dari lima remaja putri ini berhasil mengumpulkan penjualan hari pertama dan minggu pertama tertinggi dari debut girl group mana pun. 

Ditambah lagi, NewJeans sukses mencapai jumlah pre-order tertinggi untuk debut girl group.

8. (G)I-DLE -Tomboy

https://www.youtube.com/embed/Jh4QFaPmdss

Meraih triple crown di tangga lagu Korea sekaligus perfect all-kill (PIK) pertama di tahun 2022 membuat (G)I-DLE semakin berjaya. Melalui lagunya Tomboy, (G)I-DLE telah mengumpulkan delapan kemenangan dari acara musik. Belum lagi album “I NEVER DIE” sukses 'menyapu' tangga lagu iTunes.

9. IVE - After Like

https://www.youtube.com/embed/F0B7HDiY-10

Hampir sama dengan (G)I-DLE, IVE juga sukses menjadi girl group yang menguasai tangga lagu dengan lagu mereka, After Like. Lagu ini bahkan menjadi lagu IVE pertama perfect all-kill (PIK) dan meraih sembilan piala acara musik.

IVE juga tercatat sebagai girl group dengan peringkat ketiga penjualan hari pertama, dari artis K-pop wanita mana pun. Selamat IVE!

 

Itu tadi 11 lagu yang menjadi bukti kejayaan Girl Group K-pop di 2022. Mana favortimu?

Baca Juga: Lirik Lagu After Like dari IVE

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya