Comscore Tracker

Mitos atau Fakta, Hujan Pertama Bikin Sakit?

Simak tips-tipsnya berikut ini supaya tubuhmu tetap fit

Surabaya, IDN Times - Indonesia telah memasuki musim pancaroba. Musim peralihan dari kemarau ke penghujan. Bahkan, beberapa daerah di Jawa Timur sudah mulai diguyur hujan. Salah satunya di Kota Surabaya.

Nah, beberapa orang percaya hujan pertama bikin sakit lho. Hayo, menurutmu itu mitos atau fakta? Yang bikin sakit pancarobanya atau hujan pertamanya? Yuk simak ulasan Dokter Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dr. Niken Sasadhara Sasmita berikut ini.

1. Hujan pertama bikin sakit itu mitos

Mitos atau Fakta, Hujan Pertama Bikin Sakit?dr. Niken Sasadhara Sasmita. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dokter berusia 29 tahun ini menyampaikan, hujan pertama yang membuat sakit ialah mitos. Menurutnya, bermain hujan atau hujan-hujanan memang bisa membuat sakit jika daya tahan tubuh tidak kuat.

"Bukan di hujan pertamanya, lebih tepatnya bermain hujan di iklim yang tidak enak. Terus biasanya air hujan bercampur tanah dan lain-lain. Siklus airnya lewat sungai hingga laut, (Itu bisa membuat sakit). Kalau hujan pertama bikin sakit, mitos itu," jelas Niken.

2. Penyakit yang marak saat pancaroba tiba

Mitos atau Fakta, Hujan Pertama Bikin Sakit?Ilustrasi hujan. notjessfahion.com

Dokter kelahiran Surabaya ini menuturkan, sakit yang rentan terjadi disebabkan karena peralihan musim kemarau ke hujan. Hal itu membuat suhu tidak stabil dan menimbulkan banyak infeksi. Terlebih lagi di negara kawasan tropis seperti Indonesia.

"Beberapa penyakit yang sering ada ialah demam, batuk, flu, demam berdarah sampai difteri," kata Niken.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Batu, BNPB: Pertanda Pancaroba

3. Penting untuk berolahraga dan jaga kesehatan

Mitos atau Fakta, Hujan Pertama Bikin Sakit?dr. Niken Sasadhara Sasmita. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dokter yang suka berburu kuliner ini pun membagikan tips untuk millennials dan Gen-Z agar tidak sakit saat musim kemarau. Menurutnya, yang peling penting ialah olahraga rutin tiap pagi.

"Minimal 30 menit, fungsinya melancarkan peredaran darah," ucap Niken.

Suhu yang tidak stabil membuat kuman berkembangbiak. Apalagi di tempat kotor. Ia menyarankan agar rajin cuci tangan.

4. Minum air putih, makanan bergizi, dan tidur cukup

Mitos atau Fakta, Hujan Pertama Bikin Sakit?Ilustrasi hujan. Photo by Geetanjal Khanna on Unsplash

Hal wajib lainnya yang harus dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh ialah mengonsumsi air mineral dua liter atau setara delapan gelas per hari. Tak lupa, konsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin dan protein juga penting.

"Lauk pauk, ikan, daging, ayam dan telur. Sayur dan buah. Menu bergizi tidak perlu mahal, paling murah tempe," tutur perempuan kelahiran 30 Agustus 1990 tersebut.

Lebih lanjut, Niken menyarankan untuk tetap menjaga lingkungan sekitar senantiasa bersih. "Harus jaga kebersihan, harus ganti baju," ucapnya.

Untuk mengoptimalkan itu semua, seseorang juga harus punya waktu tidur yang cukup. Menurutnya tidur harus cukup dan optimal. "Minimal delapan jam sehari," pungkasnya.

Baca Juga: Tak Kunjung Hujan, Khofifah Ajak Salat Istisqa pada Hari Santri

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You