Comscore Tracker

Waspada Mafia! Babak 32 Besar Liga 3 Jatim Wajib Pakta Integritas

PSSI akan memberikan sanksi bagi pelanggar

Surabaya, IDN Times - Asprov PSSI Jawa Timur (Jatim) menyiapkan langkah pencegahan pengaturan skor. Hal ini dilakukan setelah adanya laporan pengaturan skor dan suap di pertandingan Gresik Putra (Gestra) Paranane FA melawan Persema Malang dan NZR Sumbersari FC.

Antisipasi ini dilakukan juga mengingat dalam waktu dekat, Liga 3 Zona Jatim mulai masuk babak 32 besar. Nah, langkah yang diterapkan oleh PSSI Jatim yaitu menambah persyaratan bagi klub yang lolos dari babak penyisihan.

1. Tim diwajibkan tanda tangan pakta integritas

Waspada Mafia! Babak 32 Besar Liga 3 Jatim Wajib Pakta IntegritasIlustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini mengatakan, pihaknya akan mewajibkan semua klub yang lolos 32 besar untuk menandatangani pakta integritas. "Harapannya agar gelaran ini berjalan sukses dan baik, agar sungguh-sungguh hanya untuk bermain bola saja," ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Komdis Laporkan 4 Terduga Pengatur Skor Liga 3 Zona Jatim ke Polda

2. Sebagai komitmen kompetisi yang bersih

Waspada Mafia! Babak 32 Besar Liga 3 Jatim Wajib Pakta IntegritasLogo PSSI. (Website/pssi.org)

Ririn--sapaan karibnya- menegaskan kalau PSSI Jatim akan menggelar kompetisi sebersih mungkin. Apabila ada oknum-oknum yang merusak sepak bola akan langsung dilakukan penindakan sesuai dengan statuta PSSI.

"Kami komitmen untuk menggelad kompetisi yang sehat," tegasnya.

3. Yang melanggar, pasti disanksi

Waspada Mafia! Babak 32 Besar Liga 3 Jatim Wajib Pakta Integritas(IDN Times/Arief Rahmat)

Penindakan itu seperti pada kasus Gestra melawan Persema maupun NZR Sumbersari FC. Komite Disiplin (Komdis) PSSI Jatim memberikan hukuman kepada Dimas Yopy Perwira Nusa yang berusaha menyuap manajemen Gestra agar mengalah pada pertandingan melawan NZR Sumbersari FC. Hukuman berupa larangan beraktivitas dalam kegiatan sepak bola nasional selama 10 tahun dan denda sebesar Rp100 juta.

Komdis PSSI Jatim juga menghukum dua pemain Gestra yakni Andy Cahya Kurniawan dan Hendra Putra Satria, serta Delsy Galang Ramadani selaku Kit Man Gestra. Lalu, menghukum Ferry Afrianto mantan pemain Persema. Empat orang tersebut terlibat dalam upaya percobaan suap dan taruhan pada laga Gestra Paranane FA melawan Persema Malang.

Baca Juga: Dugaan Pengaturan Skor Liga 3, Polisi Janji Akan Tancap Gas

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya