DPC Demokrat Kota Malang Beri Sinyal Kembali Usung Sutiaji

Peluang Sutiaji lebih besar karena berstatus petahana

Malang, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Malang mulai blak-blakan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mereka memberikan sinyal akan kembali mengusung Sutiaji sebagai calon petahana Pemilihan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2024.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang, H Imron yang mengatakan kalau Sutiaji kemungkinan besar akan mereka calonkan kembali. Sutiaji kemungkinan akan kembali menghiasi Pilkada 2024 yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024. "Kemungkinan iya (DPC Partai Demokrat mendukung Sutiaji dalam Pilkada 2024)," terang H Imron saat dikonfirmasi pada Selasa (04/04/2023).

1. Sutiaji masih merupakan pengurus Partai Demokrat, sehingga normal jika maju kembali dengan dukungan Partai Demokrat

DPC Demokrat Kota Malang Beri Sinyal Kembali Usung SutiajiSutiaji berharap Pasar Pintar Joyo Agung bisa lebih berkembang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Imron menjelaskan jika sampai detik ini, Sutiaji masih merupakan kader dan pengurus Partai Demokrat. Sehingga ia hampir dipastikan jika maju kembali sebagai Calon Wali Kota Malang akan memakai nama Demokrat sebagai partai pengusung.

"Karena dia (Sutiaji) masih pengurus (Partai Demokrat) kok. Jadi kemungkinan akan maju (dengan dukungan Partai Demokrat)," tegasnya.

Jika seandainya Sutiaji memang maju sebagai Calon Wali Kota Malang, kader-kader Partai Demokrat lainnya siap mendukung. Imron memastikan seluruh kader Partai Demokrat akan memenangkan Sutiaji. "Partai Demokrat siap mendorong untuk menjadikan Sutiaji Wali Kota Malang kembali," ujarnya.

Baca Juga: Sutiaji Sebut Larangan Bukber ASN Jadi Pro Kontra di Grup WA

2. Sutiaji ternyata belum mengantongi surat rekomendasi dari DPP Partai Demokrat

DPC Demokrat Kota Malang Beri Sinyal Kembali Usung SutiajiKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Meskipun sudah mendapatkan dukungan dari DPC Partai Demokrat, ternyata Sutiaji belum mendapatkan surat rekomendasi dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Demokrat. Hal ini dikarenakan partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini masih berkonsentrasi pada Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) dan Pemilik Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024.

"Saya sendiri belum kami pastikan ya (apakah DPP Partai Demokrat mendukung Sutiaji). Keputusannya nanti habis legislatif saja," ungkap Imron.

Imron mengatakan ia tidak bisa memastikan 100 persen apakah DPP Partai Demokrat akan satu suara dengan mereka. Namun, kemungkinan besar Sutiaji yang akan dipilih karena statusnya sebagai petahana.

3. DPC Partai Demokrat Kota Malang targetkan 9 kursi di DPRD Kota Malang

DPC Demokrat Kota Malang Beri Sinyal Kembali Usung SutiajiPartai Demokrat (demokrat.or.id)

Imron menjelaskan, jika saat ini Partai Demokrasi hanya kebagian 3 kursi di DPRD Kota Malang. Lalu pada Pileg 2024, mereka meningkatkan targetnya menjadi 9 kursi di DPRD Kota Malang.

"Pemilu kali ini target kami meningkat jadi 9 kursi di DPRD Kota Malang. Karena sebelumnya kan kita dapat 3 kursi, jadi kami terus memperkuat di grassroots untuk target itu," tandasnya.

DPC Partai Demokrat Kota Malang saat ini mulai memanaskan mesin politiknya. Pasalnya Pemilu 2024 hanya menyisakan setahun lagi, mereka tidak ingin kalah start dari partai-partai lain.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Banjir, Sutiaji Janji Tertibkan Bangunan Liar  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya