Inda Raya, Anak Mantan Wali Kota yang Jadi Wakil Wali Kota Madiun

Dua kali bertarung dalam pilkada

Madiun,IDN Times – Besar dari keluarga politisi mendorong Inda Raya Miko Saputri untuk mengikuti jejak Djatmiko Royo Saputro alias Kokok Raya, sang ayah. Kokok Raya merupakan mantan Ketua DPRD Kota Madiun periode 1999 – 2004 dan mantan Wali Kota Madiun periode 2004-2009 dari PDIP.

Sebagai kader partai politik yang sama, Inda sudah dua kali maju sebagai Calon Wakil Wali Kota Madiun. Pertama, pada pilkada tahun 2013. Kala itu, ia berpasangan dengan calon wali kota, Parji yang merupakan rektor IKIP PGRI Madiun (sekarang Universitas PGRI Madiun atau UNIPMA).

Namun, raihan suara dari pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini hanya menempati posisi kedua dari enam kandidat yang ‘bertarung’. Pertarungan politik itu dimenangkan pasangan Bambang Irianto – Sugeng Rismayanto yang diusung Partai Demokrat.

1. Perempuan pertama yang menjadi wakil kepala daerah

Inda Raya, Anak Mantan Wali Kota yang Jadi Wakil Wali Kota MadiunWakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri (tengah). Instagram/indaraya.

Kemudian, pada pilkada tahun 2018, Inda kembali maju sebagai calon wakil wali kota dari calon wali kota, Maidi. Pasangan yang diusung PDIP, Partai Demokrat, PKB, PAN, dan PPP ini berhasil memenangi pilkada dengan mengungguli dua pasagan calon lainnya.

Pasangan yang memiliki jargon MADA (Maidi – Inda) ini resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun periode 2019 – 2024 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (29/4/2019) oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Inda tercatat sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Madiun.

Baca Juga: Susuri Sungai, Bupati Madiun Temukan Tumpukan Sampah Popok Bayi

2. Jabat sebagai Wakil Ketua PDIP Jawa Timur

Inda Raya, Anak Mantan Wali Kota yang Jadi Wakil Wali Kota MadiunWakil Wali Kota Madiun Inda Raya Miko Saputri. (instagram.com/indaraya)

Sepak terjang Inda dalam kancah politik dimulai sejak muda. Pada periode 2014 – 2019, ia didapuk sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Kemudian, ia menjabat Wakil Ketua Bidang Pariwisata periode 2019 – 2024 pada organisasi politik tingkat provinsi itu.  

Bidang dalam organisasi politik itu tidak jauh dari kegiatan yang ditekuni perempuan kelahiran Madiun, 3 Desember 1981 ini. Selain politik, Inda juga aktif menjalankan bisnis pribadinya. Ini seperti dalam pengelolaan swalayan waralaba. Dari kegiatan usaha itu, alumnus Universtitas Trisakti, Jakarta ini tercatat sebagai anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) tahun 2012 dan Womenpreuner Community (WPC) tahun 2012.

3. Promosikan produk UMKM di akun instagram pribadi

Inda Raya, Anak Mantan Wali Kota yang Jadi Wakil Wali Kota MadiunWakil Wali Kota Madiun Inda Raya mempromosikan produk UMKM di akun instagram pribadinya. (instagram.com/indaraya.ir)

Karena latar belakang sebagai pengusaha,  Inda terdorong untuk lebih peduli terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di akun instagram @indaraya.ir, Wakil Wali Kota (Wawali) Madiun ini kerapkali mempromosikan produk – produk UMKM.

Adapun hasil kreasi yang dipajang di akun media sosial miliknya, seperti aneka jenis kuliner, kerajinan dan souvenir. Inda rela menjadi model untuk foto bersama produk usaha milik warga. Kegiatan endorse itu tanpa dipungut biaya.

4. Lebih dari 1.000 postingan yang mayoritas produk UMKM

Inda Raya, Anak Mantan Wali Kota yang Jadi Wakil Wali Kota MadiunWakil Wali Kota Madiun mempromisikan kerajinan kayu hasil kreasi perajin di Kota Madiun. (instagram.com/indaraya.id)

Aktvitas itu dijalani Inda Raya di sela – sela kesibukannya sebagai orang nomor dua di lingkup Pemkot Madiun. Oleh karena itu produk UMKM yang diajukan untuk di-endorse oleh wawali harus masuk daftar tunggu. Adapun alasannya menyesuaikan jadwal kegiatan Inda.

Selain itu juga karena banyaknya produk yang ingin dipromosikan wawali. Kini, di akun instagram @indaraya.ir sudah lebih dari 1.000 postingan yang mayoritas berupa produk UMKM milik warga Madiun.

Baca Juga: Perjalanan Karier Maidi, dari Guru ke Sekda hingga Wali Kota Madiun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya