Angin Kencang Landa Dua Wilayah Kecamatan di Kabupaten Madiun

Rumah dan pohon di tepi jalan roboh

Madiun, IDN Times – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Madiun, Selasa (10/12) sore. Satu rumah milik warga Desa Sumber Bendo Kecamatan Saradan roboh. Selain itu, sejumlah hunian di desa setempat juga rusak lantaran disapu angin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun Syahrowi mengatakan wilayah Desa Saradan dan Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan juga terkena dampak dari angin kencang yang menyertai hujan tersebut.

‘’Untuk sementara, data yang masuk dampak angin kencang juga terjadi di wilayah Kecamatan Mejayan, ‘’ kata dia kepada IDN Times.

1. Pohon tumbang mengakibatkan arus lalu lintas macet

Angin Kencang Landa Dua Wilayah Kecamatan di Kabupaten MadiunArus lalu lintas diberlakukan sistem buka tutup setelah pohon tumbang di jalan raya wilayah Desa Klecorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun berhasil dievakuasi, Selasa sore (10/12). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Di wilayah Kecamatan Mejayan, ia menyatakan, angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon di beberapa titik jalan raya roboh. Arus lalu lintas sempat terganggu lantaran pohon melintang jalan, seperti di jalur Caruban – Sidodadi dan Caruban – Wates.

Hingga Selasa petang, Syahrowi menuturkan, pihak BPBD masih melakukan pendataan tentang dampak angin kencang yang berlangsung. Proses evakuasi juga dijalankan oleh Taruna Tanggap Bencana (Tagana), personel kepolisian, TNI Angkatan Darat, dan warga.

2. Tidak ada pengguna jalan yang melintas saat pohon roboh

Angin Kencang Landa Dua Wilayah Kecamatan di Kabupaten MadiunWarga beserta sejumlah pihak seperti personel kepolisian dan tim Tagana sedang memotong pohon yang roboh di Kabupaten Madiun, Selasa sore (10/12). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, proses evakuasi pohon tumbang di jalur Caruban – Wates yang masuk wilayah Desa Klecorejo, Kecamatan Mejayan berlangsung sekitar 60 menit. Arus lalu lintas di jalan kabupaten itu macet dengan panjang sekitar 500 meter dari arah Caruban maupun Wates.

Kepala Desa Klecorejo Agus Subianto mengatakan pohon yang roboh terdiri dari trembesi dan angsana. Adapun proses evakuasi dilakukan dengan gergaji manual mapupun yang berpenggerak mesin. “Untungnya, saat kejadian tidak ada pengguna jalan yang melintas,’’ ujar dia.

3. Angin kencang rawan terjadi saat perubahan musim

Angin Kencang Landa Dua Wilayah Kecamatan di Kabupaten MadiunIDN Times/Sukma Sakti

Selain arus lalu lintas terganggu, angin kencang yang menerjang di wilayah desa setempat juga mengakibatkan aliran listrik milik seorang warga putus. Tidak itu saja, tenda milik pedagang di jalur itu juga dihempas oleh angin.

Peristiwa angin kencang yang menyertai hujan sudah beberapa kali terjadi selama sebulan terakhir. Sebelumnya, 26 rumah milik warga mengalami kerusakan setelah akibat fenomena alam yang menyertai perubahan musim dari kemarau ke penghujan.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya