Selangkah Lagi Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat Resmi Pimpin Sampang

Wah, selamat ya!

Sampang, IDN Times - Cerita panjang Pilkada Kabupaten Sampang, Jawa Timur, menemukan babak akhirnya, pada Jumat malam (6/12). Hal ini setelah Komisi Pemilihan Umum Sampang (KPU) resmi mengumumkan H. Slamet Junaidi - H. Abdullah Hidayat (Jihad) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sampang terpilih dalam Pilkada 2018. Penetapan itu diumumkan dalam rapat pleno terbuka di gedung KPUD Sampang.

"Kami sudah menetapkan paslon nomor urut 1 Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat sebagai pemenang pilkada," ujar Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif usai rapat pleno.

Baca Juga: Sah, Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat Menangi Pilkada Sampang

1. Tinggal dilantik

Selangkah Lagi Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat Resmi Pimpin SampangIDN Times/Musthofa Aldo

Syamsul menjelaskan rapat pleno penetapan paslon terpilih adalah tahapan terakhir dari seluruh rangkaian pemilihan kepala daerah. Selanjutnya, kata dia, penetapan ini akan dituangkan dalam berita acara dan surat keputusan. Setelah itu, akan disampaikan ke DPRD Sampang sebagai bekal mengajukan permohonan pelantikan kepada pemerintah pusat, termasuk Bawaslu RI dan partai politik.

2. KPUD Sampang ucapkan terima kasih

Selangkah Lagi Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat Resmi Pimpin SampangIDN Times/Musthofa Aldo

Syamsul juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya tahapan Pilkada mulai tahun 2017 hingga 2018. Meski pelaksanaan pilkada di Sampang berliku, Syamsul menilai tanpa dukungan berbagai pihak, pilkada tidak terlaksana dengan baik dan damai.

"Mudah-mudahan paslon terpilih ini dapat memberikan banyak perubahan dan banyak manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan Sampang," ungkap dia.

3. Rincian perolehan suara Pilkada Sampang

Selangkah Lagi Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat Resmi Pimpin SampangIDN Times/Musthofa Aldo

Diketahui, penetapan paslon terpilih dilakukan setelah putusan final Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sampang 2018.

Hasil rekapitulasi suara pada pelaksanaan PSU yang digelar pada 27 Oktober 2018 kemarin, paslon nomor urut 1, Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) memperoleh 307.126 suara atau 53 persen, paslon nomor urut 2 Hermanto Subaidi-Suparto (Mantap) mendapat 245.768 suara atau 43 persen. Kemudian, paslon nomor urut 3 Hisan-Abdullah Mansur memperoleh 24.746 suara atau 4 persen.

Baca Juga: Hasil Rekapitulasi PSU Sampang, Jihad Menang dengan 307.126 Suara

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya