Waspada Gempa Susulan, Bupati Jember Minta Warga Tunda Wisata Pantai

Bisa pilih wisata lain kata Bupati

Jember, IDN Times - Bupati Jember Hendy Siswanto meminta kepada wisatawan untuk menunda mengunjungi destinasi wisata pantai. Ia khawatir potensi gampa susulan kembali terjadi. Kawasan selatan Jember terdapat wisata pantai Watu Ulo, Payangan, Teluk Love dan lainnya.

"Kami berharap para pengunjung wisata dikurangi ya, karena saat ini rawan gempa, karena di Jember lagi sering terjadi gempa. Jangan wisata ke pantai dulu, bisa pilih wisata lain masih banyak pilihan," kata Hendy saat mengunjungi kawasan terparah terdampak gempa, di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kamis sore (16/12/2021).

1. 38 rumah rusak

Waspada Gempa Susulan, Bupati Jember Minta Warga Tunda Wisata PantaiDampak gempa di Jember. IDN Times/Istimewa

Dalam sepakan terakhir, Jember dua kali diguncang gempa. Pertama pada Senin (13/12/2021) gempa berkekuatan magnitudo 5,3 berpusat di 179 kilometer Tenggara Kabupaten Jember, terjadi pukul 12.46 WIB. Tidak ada laporan kerusakan dalam gempa tersebut.

Selanjutnya, pada kemarin Kamis, (16/12/2021) gempa kembali terjadi berkekuatan magnitudo 5,1 berpusat di barat daya Kabupaten Jember. Kali lebih kencang karena jarak titik gempa hanya 42 kilometer dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Update Gempa Jember, 4 Orang Luka-luka, 29 Rumah Rusak

2. Satu patah tulang

Waspada Gempa Susulan, Bupati Jember Minta Warga Tunda Wisata PantaiGempa bumi di Jember. IDN Times/Istimewa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mendata, rumah warga yang mengalami rusak ringan hingga berat sebanyak 38 dan 4 orang mengalami Luka-luka, satu di antaranya patah tulang.

"Korban Luka-luka ada 4-5 orang, satu patah tulang sudah dirawat ke rumah sakit. Di Desa Sumberejo ini yang paling parah," katanya.

Kendati mengimbau untuk tidak berwisata ke pantai, Hendy tidak menutup destinasi tersebut. Menurutnya, perputaran ekonomi saat ini dibutuhkan.

"Mungkin enggak, gak ada penutupan. Kita juga butuh ekonomi, tapi masyarakat yang dipantai bisa saling mengingatkan," ujar Hendy.

Baca Juga: [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 5.1 Di Kabupaten Jember

3. Kawasan rawan tsunami

Waspada Gempa Susulan, Bupati Jember Minta Warga Tunda Wisata PantaiRumah warga yang rusak akibat gempa di Jember. IDN Times/Istimewa

Sementara itu berdasarkan peta Kawasan Rawan Bencana Gempa Bumi (KRBG) yang dikeluarkan PVMBG - Badan Geologi, KESDM, wilayah pantai selatan Jawa Timur masuk daerah rawan bencana gempa bumi tinggi, yang memiliki potensi terdampak guncangan gempa bumi lebih dari VIII skala MMI.

Lokasi pusat gempa bumi di Jember dengan kedalaman yang dangkal, diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif yang berkembang di wilayah laut selatan Jember.

Daerah terdekat dengan pusat gempa bumi di Jember yakni sepanjang pantai selatan Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Sebagian besar kawasan tersebut tersusun morfologi dataran pantai dan perbukitan.

Sebagian batuan berumur tersier telah mengalami pelapukan, bersifat urai, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya