Besok Berakhir, Bupati akan Bahas Perpanjangan Status Darurat Karhutla

Malam ini rapat dengan BPBD Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times - Masa berlaku status tangggap darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Banyuwangi akan habis besok Senin (28/10). Minggu malam ini (27/10), Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akan duduk satu meja dengan beberapa pihak terkait apakah akan memperpanjang status tersebut atau tidak.

1. Rapat dengan BPBD

Besok Berakhir, Bupati akan Bahas Perpanjangan Status Darurat KarhutlaBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau lokasi kebakaran di kawasan Ijen, Selasa (22/10).IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Upaya pemadaman sendiri sudah melibatkan helikopter water bombing. Heli tersebut meng-cover titik-titik api yang tidak bisa dijangkau melalui jalur darat.

Sementara petugas di lapangan fokus memadamkan api, Anas akan menggelar rapat dengan BPBD Banyuwangi dan sejumlah elemen terkait. Rapat itu akan membahas kemungkinan perpanjangan status darurat kebakaran di kawasan Gunung Ijen.

"Terkait kebakaran hutan, kita lihat sampai nanti malam. (Minggu) malam ini akan rapat dengan BPBD. Status darurat kita tetapkan melihat musim panas yang masih lama hingga bulan depan, dan api cepat menjalar," terang Anas ditemui di sela pagelaran Banyuwangi BMX Internasional di Muncar.

2. Tunggu laporan petugas pemadam di lapangan

Besok Berakhir, Bupati akan Bahas Perpanjangan Status Darurat KarhutlaAsap sisa kebakaran masih terlihat di Gunung Ranti, Selasa (22/10). IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Pemkab Banyuwangi masih menunggu laporan terbaru dari petugas di lapangan. Laporan itu menentukan apakah status darurat akan diperpanjang atau tidak.

"Belum dapat laporan (Minggu) siang ini. Mungkin belum ada sinyal," jelasnya.

Anas sendiri berterima kasih kepada BNPB atas pengiriman helikopter water bombing. Dia menyebut BNPB telah memberi respons cepat dalam memadamkan karhutla di wilayahnya.

"Dengan banyak titik yang terbakar, banyuwangi dapat prioritas untuk dapatkan bantuan
pemadaman. Kita lihat nanti malam, saya akan rapat," tambahnya.

Baca Juga: Siap Padamkan Karhutla, Helikopter Water Bombing Tiba di Banyuwangi

3. Status darurat pemkab mengacu pada pemprov

Besok Berakhir, Bupati akan Bahas Perpanjangan Status Darurat KarhutlaHelikopter water boombing mulai beroperasi memadamkan titik api di Pegunungan Ijen hari ini, Minggu (27/10). IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi Fajar Suasana mengatakan, bantuan water bombing dari BNPB bakal berlangsung sesuai masa berlaku status darurat. Masa berlaku status darurat yang ditetapkan Pemkab Banyuwangi sama dengan Pemprov Jatim.

"Operasi ini kan mengacu pada status dan masa tanggap darurat dari Pemprov Jatim karena yang mengendalikan pihak Pemprov Jatim. Masa tanggap darurat yang ditetapkan provinsi sendiri mengacu pada penetapan kabupaten," jelas Fajar.

Baca Juga: Heli Water Bombing Mulai Dikerahkan untuk Padamkan Kebakaran Ijen

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya