Kulineran Sambil Menikmati Kisah Soekarno-Haryati di Omah Kenangan

Di rumah makan ini ada banyak foto mereka

Surabaya, IDN Times - Istri keenam Presiden Soekarno, Haryati rupanya memiliki rumah di Surabaya. Rumah tersebut kini menjual berbagai menu masakan rumahan dengan nama Omah Kenangan. IDN Times pun berkesempatan untuk mencicipi masakan di Rumah yang terletak di Jalan Cipunegara Surabaya itu. Dari luar terlihat sekali, bahwa rumah tersebut adalah bangunan lawas. Halaman rumah tersebut luas dan terlihat sangat rindang. Tempat makan sendiri terletak di lantai dua.

Kulineran Sambil Menikmati Kisah Soekarno-Haryati di Omah KenanganPemilik rumah, Eni Wisnu Wardani. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Di dalamnya, ada banyak barang antik dan foto-foto Haryati bersama Bung Karno. Saat kami masuk, sudah banyak tamu yang sedang makan dan ada juga yang sedang berswafoto. Sayangnya, ketika kami datang, menu makanan sudah habis. Hanya tersisa lauk bandeng kuah kuning saja. 

Pemilik rumah tersebut, Eni Wisnu Wardani mengatakan, rumah itu sebenarnya adalah milik ibunya yang merupakan kakak dari Haryati. Haryati merupakan anak terakhir dari delapan bersaudara.

"Ini tempat tinggal kakak bu Haryati, bu Haryati tinggal di Jakarta. Singgah kalau pas ke Surabaya, jadi saya keponakan bu Haryati," ujar Eni.

Kulineran Sambil Menikmati Kisah Soekarno-Haryati di Omah KenanganPemilik rumah, Eni Wisnu Wardani. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Ia mengaku, ia baru membuka rumah tersebur sebagai tempat makan pada Februari 2022 lalu. Kebanyakan yang datang ke tempatnya itu selain cocok dengan masakannya adalah untuk menikmati makan di rumah keluarga istri Bung Karno.

Eni mengatakan, menu di tempatnya tersebut selalu berganti-ganti setiap hari. Namun, ada dua menu wajib yang tersedia setiap harinya yakni kotoan dan sambel goreng krecek

"Menu yang paling sering dicari itu kotokan sama sambel goreng krecek," tuturnya.

Harga menu masakan di Omah Kenangan sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp20 ribu. Omah Kenangan Buka pukul 11 siang dan tutup hingga menu habis. "Ini tadi jam 1 siang sudah habis," kata Eni.

Baca Juga: Eri Cahyadi Main Jadi Soekarno di Film Koesno, Diputar 15 Agustus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya