Jemaah Haji Tuban Meninggal Dunia saat Pesawat Transit 

Korban menderita tumor otak

Surabaya, IDN Times - Seorang jemaah haji asal Tuban meninggal dunia saat transit di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (26/6/2024) pukul 03.00 WIB. Jemaah tersebut bertolak dari Arab Saudi dan hendak menuju Bandara Juanda. 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah wafat salah satu jemaah haji di RSU Amri Tambunan, Sumatera Utara pada Rabu (26/6/2024) sekitar pukul 03.00 dini hari," ujar Sekertaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, Kamis (27/6/2024).

1. Pesawat transit untuk isi bahan bakar

Jemaah Haji Tuban Meninggal Dunia saat Pesawat Transit ilustrasi posisi tempat duduk di pesawat (unsplash.com/Alexander Schimmeck)

Haris menjelaskan, jemaah kloter 13 asal Kabupaten Tuban ini turun di Bandara Kualanamu pada Selasa (25/6/2024. Saat itu, pesawat yang ditumpangi sedang transit untuk mengisi bahan bakar.

"Selama Almarhum di Arab Saudi juga sempat dirawat karena tidak sadarkan diri akibat tumor otak yang diderita," terang Haris.

Baca Juga: Turnamen E-sport Meriahkan Peresmian Kota Lama Surabaya

2. Sudah tak sadarkan diri saat di bandara

Jemaah Haji Tuban Meninggal Dunia saat Pesawat Transit Suasana di Masjid Nabawi, Madinah, Kamis (27/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Saat transit di Bandara, kondisi pria berusia 74 tahun tersebut sudah tidak sadarkan diri. Sehingga petugas pun segera dirujuk ke RS terdekat.

"Sebagai perwakilan PPIH, kami ucapkan duka cita yang mendalam. Insya Allah almarhum husnul khotimah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan," harapnya.

Jenazah tiba di Bandara Juanda pada Rabu (26/6/2024) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Jenazah kemudian langsung dibawa ke Tuban untuk segera dimakamkan.

3. 55 jemaah haji Debarkasi Surabaya wafat di tanah suci

Jemaah Haji Tuban Meninggal Dunia saat Pesawat Transit Suasana Masjid Nabawi, Madinah, Rabu (26/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Hingga Kamis (27/6/2024) pagi, ada 18 kloter yang telah tiba di asrama haji dengan total jemaah sejumlah 6.665 orang atau sekitar 18 persen. Sebanyak 55 jemaah haji Debarkasi Surabaya wafat di tanah suci. 

"Ada 55 jemaah Debarkasi Surabaya yang wafat di tanah suci hingga hari ini atau bertambah empat orang dari total terakhir 51 orang," pungkas dia. 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya