500 Warga Ikut Upacara 17-an di Grahadi, Banyak yang dari Luar Kota

Usai upacara mereka berburu selfie dengan Khofifah

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 500 warga Jawa Timur antusias mengikuti upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-77 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (17/8/2022). 

1. Kuota penuh kurang dari sehari pendaftaran dibuka

500 Warga Ikut Upacara 17-an di Grahadi, Banyak yang dari Luar KotaWarga Jawa Timur saat berswafoto bersama Gubernur Jawa Timur. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, antusias masyarakat untuk hadir di Grahadi sangat luar biasa. Pasalnya, saat dibuka melalui online pada 7 Agustus 2022 lalu pukul 00.00 pukul 12.00 WIB, kuota telah penuh.

"Kita buka jam 00.00 WIB, jam 12.00 WIB sudah closed, oleh karena itu saya mohon maaf bagi yang mengakses melalui online tapi memang tidak cukup, karena pagi ini hanya 500 yang kita undang," ungkap Khofifah.

Usai upacara berlangsung, masyatakat yang datang pun berswafoto dengan Khofifah. Yang tidak kedapatan foto dengan Khofifah terpaksa hanya foto sendiri di depan Gedung Grahadi.

2. Mantan Paskribraka ikut upacara

500 Warga Ikut Upacara 17-an di Grahadi, Banyak yang dari Luar KotaMantan Paskribraka asal Kediri, Yudi Muhammad Maksum ikut upacara di Grahadi. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Salah satu masyatakat yang hadir yakni, Yudi Muhammad Maksum (53) warga Kediri. Yudi mengatakan dirinya senang bisa ikut upacara kemerdekaan di Grahadi. Yudi yang merupakan mantan anggota paskribraka tahun 1988 itu merasa bisa kembali mengenang masa lalu saat dirinya ikut seleksi di Graghadi.

"Alhamdulillah seneng mengenang masa lalu, Grahadi juga terlihat lebih bagus," kata pria yang juga mantan atlet itu.

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Penuh Semangat!

3. Warga pertama kali ikut upacara di Grahadi

500 Warga Ikut Upacara 17-an di Grahadi, Banyak yang dari Luar KotaAinur, warga Pasuruan yang ikut upacara bendera 17 Agustus 2022 di Grahadi. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Masyarakat yang juga hadir adalah Ainur Rohim (19). Warga Pasuruan itu rela datang ke Grahadi hanya untuk menyaksikan detik pengibaran bendera di Grahadi. Pasalnya, momen ini adalah pertama kalinya bagi Ainur.

"Seneng banget, baru pertama kali ke Grahadi. Seru upacaranya," kata Ainur. Ainur menuturkan, dirinya telah mendaftar melalui online. Kemudian, undangan fisik dikirim ke rumahnya.

Baca Juga: Renungan Suci di TMP, Khofifah: Kemerdekaan Momen untuk Bangkit

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya