Usai Salat di Masjid Nabawi, Jemaah Haji Ini Meninggal Dunia

Jemaah tersebut berusia 75 tahun

Lamongan, IDN Times - Seorang jemaah haji asal Kabupaten Lamongan meninggal dunia usai salat di Masjid Nabawi, Madinah. Jamaah haji asal Lamongan yang meninggal tersebut adalah Mardi Wijono (75) bin Teguh Wijono warga Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Tumenggungan, Kecamatan Lamongan.

1. Almarhum meninggal di Masjid Nabawi

Usai Salat di Masjid Nabawi, Jemaah Haji Ini Meninggal DuniaSatu jamaah haji asal Kabupaten Lamongan meninggal dunia di Madinah. Dok Istimewa

Kabar meninggalnya Mardi Wijono juga dibenarkan oleh anak almarhum yang bernama Budi Kurniawan. Menurut Budi, ayahnya meninggal dunia pada hari Minggu (4/6/2023) sekitar pukul 11.23 waktu Arab Saudi. Jemaah tersebut mengembuskan nafas terakhirnya di dalam Masjid Nabawi Madinah.

"Kami mendapat kabar kalau bapak meninggal dunia di Masjid Nabawi usai salat dhuhur dan sebelumnya beliau pingsan," kata Budi Kurniawan. Mardi diketahui meninggal karena sakit jantung.

2. Almarhum merupakan jemaah haji Kloter 25

Usai Salat di Masjid Nabawi, Jemaah Haji Ini Meninggal DuniaCalon jamaah haji asal Lamongan diberangkatkan. IDN Times/Imron

Budi menjelaskan, keluarga mendapatkan kabar duka tersebut langsung dari ibunya yang sama-sama sedang menunaikan ibadah haji. Almarhum berangkat menunaikan ibadah haji bersama istrinya yang bernama Kunyati (70). Kedua orangtuanya ini merupakan jemaah haji Kloter 25.

"Kami ini mendapat telepon dari ibu pas magrib. Ibu saya juga ikut berangkat haji bersama bapak," jelasnya.

Budi menuturkan, kedua orangtuanya itu sedianya berangkat ke tanah suci pada tahun 2020 yang lalu. Namun, karena adanya wabah pandemik COVID-19, mereka gagal berangkat. Kemudian di tahun 2023 ini keduanya baru bisa menunaikan rukun Islam yang ke-5 tersebut.

3.

Usai Salat di Masjid Nabawi, Jemaah Haji Ini Meninggal DuniaIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mengatakan, selain Mardi, ada satu jemaah lain asal Lamongan yang juga meninggal pada Minggu (4/6/2023) kemarin. Jemaah itu adalah Umi Hanik Mualam yang berusaia 52 tahun. Umi diketahui berasal dari kloter 26. Ia juga meninggal karena sakit jantung. 

"Keduanya telah dimakamkan di Baqi’," ujar Husnul Maram, Senin (5/6/2023). 

Selain dua jemaah haji yang meninggal, di Embarkasi Surabaya juga terdapat jemaah yang menunda keberangkatan karena sedang dirawat di RS Haji. Hingga pagi ini tercatat ada 4 orang yang tunda keberangkatan. 

Baca Juga: Siap Berangkatkan Jemaah Haji 2023, Kemenag Gladi Posko di Asrama Haji

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya