Comscore Tracker

Unik, Lamongan Punya Posyandu Khusus Kucing

Biar makin sehat kucing-kucingnya

Lamongan, IDN Times - Pelayanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak hanya diberikan kepada balita, anak-anak dan lansia saja. Hewan peliharaan seperti kucing seharusnya juga mendapatkan pelayanan yang sama. Hal itulah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan. Mereka menggelar Posyandu khusus untuk kucing peliharaan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lamongan, Sukriyah mengatakan, tujuan diadakannya Posyandu kucing agar kucing peliharaan para warga terhindar dari berbagai macam penyakit.

1. Pemeriksaan terhadap kucing tidak dipungut biaya

Unik, Lamongan Punya Posyandu Khusus KucingPosyandu kucing di Lamongan. IDN Times/Imron

Dalam kegiatan Posyandu kucing sendiri, pemilik cukup membawa kucing peliharaan mereka ke lokasi Posyandu yang sudah ditentukan. Kemudian kucing-kucing tersebut diperiksa oleh dokter hewan.

"Tak hanya diperiksa saja, kucing yang dibawa oleh pemiliknya ke pelayanan posyandu, juga kita berikan vitamin serta disuntik dan pelayanan kesehatan kucing ini gratis," kata Sukriyah, Jumat (12/3/2021).

2. Menghindari risiko penularan penyakit dari hewan ke manusia

Unik, Lamongan Punya Posyandu Khusus KucingPosyandu kucing di Lamongan. IDN Times/Imron

Sukriyah mengaku, ide diadakannya posyandu bagi kucing tersebut muncul karena banyaknya warga Lamongan yang memelihara kucing. Selain itu, kegiatan ini juga digelar agar masyarakat bisa memahami bahaya penyakit yang dibawa hewan serta penularannya.

"Karena banyaknya warga yang mencintai kucing, tapi masih banyak yang tidak tahu cara penanganan penyakit," ungkapnya.

Baca Juga: Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

3. Puluhan kucing di Lamongan sudah mendapatkan layanan posyandu

Unik, Lamongan Punya Posyandu Khusus KucingPosyandu kucing di Lamongan. IDN Times/Istimewa

Saat ini, Posyandu kucing baru saja dilakukan di Perumahan Demangan Residence Lamongan. Tidak menutup kemungkinan hal itu juga akan dilakukan di beberapa kecamatan di Lamongan. 

"Ya kemarin pas kita lakukan Posyandu kucing, banyak masyarakat yang antusias masyarakat sangat baik dan mereka cukup senang dengan pelayanan posyandu kucing ini," kata Sukriyah kepada IDN Times.

4. Disnakeswan akan buka klinik khusus hewan peliharaan

Unik, Lamongan Punya Posyandu Khusus KucingPosyandu kucing di Lamongan. IDN Times/Imron

Tak hanya Posyandu yang sifatnya periodeik, Sukriyah menjelaskan, bahwa Pemkab pun akan meluncurkan klinik khusus hewan peliharaan. Nantinya, selain diperiksa, kucing-kucing itu akan diberi vitamin dan penanganan parasit-parasit secara rutin.    

“Agar kucing tidak menulari penyakit kepada pemeliharanya atau lebih dikenal zoonosis, kami juga berencana melaunching klinik khusus hewan peliharaan di kantor Disnakeswan Lamongan," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya