Truk BBM Masuk Rel KA. Ratusan Penumpang Tertahan di Stasiun Lamongan

Wah liburannya terganggu

Lamongan, IDN Times - Ratusan penumpang kereta api jurusan Surabaya, Jakarta, Bandung dan sekitarnya harus tertahan di Stasiun Kereta Api (KA) Lamongan. Mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan karena adanya kecelakaaan tunggal di Desa Kebalandono, Kecamatan Babat, Lamongan, Rabu (25/12).

Kecelakaaan yang dialami mobil truk tangki BBM PT Sinar Bacan Khatulistiwa mengakibatkan, mobil masuk ke jalur rel KA ganda. "Untuk sementara ini sejumlah penumpang kami tahan di stasiun kereta api sambil menunggu proses evakuasi pengangkatan truk dari jalur kereta," kata Kepala Stasiun Kereta Api Lamongan Hadi Purnomo, kepada IDN Times di kantornya.

Baca Juga: Truk Bermuatan Solar Industri Terperosok ke Rel Kereta Api

1. Belum bisa pastikan kapan evakuasi selesai

Truk BBM Masuk Rel KA. Ratusan Penumpang Tertahan di Stasiun LamonganKereta api penumpang harus berhenti di Stasiun Lamongan, karena jalur KA belum bisa dilewati karena terjadi kecelakaaan. IDN Times/ Imron

Hadi belum bisa memastikan kapan berakhirnya proses evakuasi pengangkatan truk dari jalur kereta tersebut. Karena untuk menarik truk dibutuhkan alat crane dari luar kota. "Untuk sampai kapan waktu evakuasi kami belum bisa pastikan selesainya kapan. Tapi yang jelas akibat kejadian itu kereta api mengalami keterlambatan," ungkapnya.

2. Kereta dari Bandung terhenti di Stasiun Babat

Truk BBM Masuk Rel KA. Ratusan Penumpang Tertahan di Stasiun LamonganStasiun kereta api Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Selain mengakibatkan keberangkatan kereta terhambat, kecelakaaan tunggal tersebut juga berdampak pada kedatangan kereta dari Bandung. "Kalau sesuai jadwal, ada kereta api yang datang dari Bandung. Namun dengan kejadian ini ya mungkin saja kereta itu tertahan di stasiun lainnya. Karena kan harus menunggu evakuasi mobil tangki selesai baru kereta itu bisa lewat," imbuhnya.

3. Terus berkoordinasi dengan petugas di lapangan

Truk BBM Masuk Rel KA. Ratusan Penumpang Tertahan di Stasiun LamonganSejumlah petugas KA berusaha mengevakuasi truk yang masuk ke jalur kereta api di Lamongan. IDN Times/Imron

Saat ini, pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan petugas di lapangan, agar proses evakuasi bisa segera dilaksanakan dan mobil truk dapat diangkat sehingga kereta api dari arah Surabaya, Jakarta dan lainnya bisa kembali beroperasi seperti semula. "Untuk kerugian ya kita tidak tahu. Tapi yang jelas penampungan ini yang terganggu karena mereka yang semula bisa tiba jam sekian harus tertunda," tegasnya.

Baca Juga: Truk BBM Masuk Jalur KA di Lamongan, Begini Kronologinya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya