Ning Ita, Aktivis Muslimat NU yang Kini Menjabat Wali Kota Mojokerto

Ning Ita juga adik kandung dari mantan Bupati Mojokerto

Mojokerto, IDN Times - Sosok Ika Puspitasari memang tidak asing lagi di telinga masyarakat Mojokerto. Wali Kota Mojokerto perempuan ini adalah merupakan adik kandung dari Bupati Mojokerto nonaktif, Mustofa Kamal Pasa. Mustofa Kamal sendiri pernah menjabat sebagai bupati selama dua periode yakni 2010–2015 dan 2016–2021. Selain dikenal sebagai mantan adik bupati wanita yang akrab disapa Ning Ita tersebut juga merupakan aktivis Muslimat Nahdatul Ulama (NU). Lalu seperti apa profil singkat Ning Ita? berikut ulasannya.

1. Ika Puspitasari merupakan alumnus Universitas Airlangga Surabaya

Ning Ita, Aktivis Muslimat NU yang Kini Menjabat Wali Kota MojokertoWalikota Mojokerto Ika Puspitasari. Dok pribadi

Ika Puspitasari, lahir pada tanggal 12 April 1979. Ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SDN Tampungrejo dan dinyatakan lulus pada tahun 1991. Setelah itu, ibu dua anak ini kemudian melanjutkan sekolahnya lagi di SMPN 4 Malang dan lulus pada 1994.

Usai tamat dari bangku sekolah menengah pertama ia kemudian melanjutkan sekolahnya lagi di Sekolah Menengah Utama Negeri SMUN 1 Sooko dan lulus pada tahun 1997 dan melanjutkan kuliahnya di Universitas Airlangga Surabaya dan dinyatakan lulus pada tahun 2001.

Baca Juga: Tiba-tiba Jatuh, Wakil Wali Kota Mojokerto Meninggal Saat Sedang Dinas

2. Ning Ita coba peruntungan di dunia politik dan langsung menang Pilkada

Ning Ita, Aktivis Muslimat NU yang Kini Menjabat Wali Kota MojokertoWalikota Mojokerto Ika Puspitasari. Dok pribadi

Setelah lulus dari perkuliahan, istri dari Supriyadi Karima Syaiful ini kemudian dipercaya sebagai bendahara RSI Sakinah selama 5 tahun. Selain itu, Ning Ita juga pernah menjadi Dir. Keuangan PT. SPU M. Keuangan CV. MUSIKA.L.A selama 5 tahun.

Setelah itu, di tahun 2018 ia kemudian mencoba peruntungan di dunia politik dengan maju menjadi Wali Kota Mojokerto dan berpasangan dengan Ahmad Rizal Zakariyah. Pada pemilihan itu, keduanya meraih kemenangan. 

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 12 September Nomor 131.35-5984 dan nomor 132.35-5985 tahun 2018. Keduanya resmi di Lantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, menjadi Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto periode 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (10/12/2018), silam.

3. Ia memperoleh 31 persen suara

Ning Ita, Aktivis Muslimat NU yang Kini Menjabat Wali Kota MojokertoWalikota Mojokerto Ika Puspitasari. Dok pribadi

Di Pilwali Kota Mojokerto pasangan Ika Puspitasari-Ahmad Rizal Zakariyah diusung oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra, keduanya memperoleh suara 23.822 suara atau 31 persen dari total suara daftar pemilih tetap yang berjumlah 96.132 orang.

Sedangkan untuk pasangan Warsito-Moeljadi yang diusung PAN dan PKS (8.954 suara setara 12 persen). Pasangan Akmal Boedianto-Rambo Garudo yang diusung PDIP (19.607 suara setara 25 persen), dan Andy Soebjakto-Ade Ria Suryani yang diusung PPP, PKB dan Partai Demokrat dengan memperoleh 19.717 suara atau 26 persen.

Baca Juga: Sosok Wakil Wali Kota Mojokerto, Dikenang Ramah dan Sabar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya