Wali Kota dan Kapolrestabes Pastikan Surabaya Aman Jelang Tahun Baru

Mereka memantau pos-pos pengamanan di berbagai titik

Surabaya, IDN Times - Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya benar-benar ingin memastikan Kota Pahlawan dalam keadaan kondusif selama pergantian tahun 2019 menuju 2020. Mereka pun melakukan kunjungan ke pos-pos pengamanan yang terletak di berbagai titik, Selasa (31/12).

1. Diawali dengan apel persiapan

Wali Kota dan Kapolrestabes Pastikan Surabaya Aman Jelang Tahun BaruApel pengamanan Kota Surabaya selama perayaan pergantian tahun yang dipimpin Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (31/12). IDN Times/Fitria Madia

Kunjungan Forpimda tersebut dimulai dengan apel persiapan di Taman Surya, halaman Balai Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menjadi inspektur upacara memastikan kesiapan dari seluruh pasukan yang terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP, Linmas, dan dinas-dinas Pemkot Surabaya.

"Satpol PP, Dishub, Linmas dan bekerja sama dengan kepolisian di pos-pos pengamanan, tolong segera dilaporkan kalau ada hal yang harus ditindaklanjuti. Kita harus menjaga karena beberapa tahun ini tidak ada cedera dari warga," perintah Risma.

2. Kunjungi pos-pos keamanan

Wali Kota dan Kapolrestabes Pastikan Surabaya Aman Jelang Tahun BaruWali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta kepolisian dan TNI memantau pos pengamanan di sejumlah titik jelang Tahun Baru 2020, Selasa malam (31/12). IDN Times/Fitria Madia.

Setelah apel, Risma dan rombongannya antara lain Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Faisol Amir, dan beberapa Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya melakukan kunjungan ke pos pengamanan. Mereka mengunjungi 6 pos yaitu Pos Pengamanan Genteng di depan Delta Plaza, Pos Polisi Istimewa, Pos Taman Bungkul, Pos Kebun Binatang Surabaya (KBS), Pos di Semampir, dan Pos di Pabean Cantikan atau Pos Pasar Atom.

“Ini kami koordinasi antara Polrestabes Surabaya dengan Polres Tanjung Perak untuk mencegah konvoi yang akan masuk ke dalam kota,” ujar Risma menjelaskan salah satu tujuan kunjungannya.

Baca Juga: Dua Jam Jelang Tahun Baru 2020, Surabaya Masih Sepi

3. Imbau warga tidak konvoi atau berpesta berlebihan

Wali Kota dan Kapolrestabes Pastikan Surabaya Aman Jelang Tahun BaruWali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta kepolisian memantau pos pengamanan di sejumlah titik jelang Tahun Baru 2020, Selasa malam (31/12). IDN Times/Fitria Madia.

Pada pergantian tahun kali ini, Risma berharap tidak ada kejadian yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan konvoi agar tidak sampai terjadi kecelakaan. Ia juga meminta warga jika menyalakan petasan agar dilakukan oleh orang dewasa secara hati-hati.

"Kami berharap tidak ada lagi yang mencelakakan kita. Kemudian warga juga harus bersyukur atas karunia yang telah diberikan oleh Tuhan. Makanya sekali lagi saya berharap warga tidak berlebihan merayakan pergantian tahun ini, karena bagamana pun kita pasti bekerja kembali. Dan saya berharap tahun 2020 bisa bekerja keras lagi," harapnya.

4. Surabaya dalam keadaan aman

Wali Kota dan Kapolrestabes Pastikan Surabaya Aman Jelang Tahun BaruWali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta kepolisian memantau pos pengamanan di sejumlah titik jelang Tahun Baru 2020, Selasa malam (31/12). IDN Times/Fitria Madia.

Sementara itu, Sandi memastikan bahwa Kota Surabaya dalam keadaan aman. Di setiap pos pengamanan, terdapat monitor yang terhubung dengan CCTV di jalanan. Hingga berita ini ditulis, terpantau belum terjadinya kepadatan lalu lintas maupun tindak kriminalitas.

"Pintu masuk Surabaya ada tujuh titik dan di situ akan dilakukan penebalan personel. Jadi, sekali lagi saya harap warga untuk tidak melakukan konvoi," tegasnya.

Baca Juga: Perayaan Tahun Baru, Risma Jamin Besok Pagi Surabaya Sudah Bersih

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya