Sosok Fenomenal Kombes Yusep, Kapolrestabes Surabaya yang Baru

Ia dikenal saat bongkar kasus prositutusi Vanessa Angel

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya sebentar lagi akan mendapatkan pemimpin baru, yaitu Kombs Pol Akhmad Yusep. Sosok Yusep sudah tak asing lagi di Jawa Timur. Ia meraih sejumlah prestasi dalam kiprahnya untuk meneggakkan hukum. Berikut profil singkat Yusep yang telah dirangkum IDN Times.

1. Alumnus Akpol angkatan 1993 dari Tasikmalaya

Sosok Fenomenal Kombes Yusep, Kapolrestabes Surabaya yang BaruIDN Times/Arief Rahmat

Berdasarkan laman resmi Akademi Kepolisian, Yusep memiliki nama lengkap Akhmad Yusep Gunawan. Pria berdarah Sunda ini lahir di Tasikmalaya pada 6 Desember 1973. Yusep merupakan alumnus Akpol angkatan 1993.

Jabatan terkini Yusep adalah Kabag Renmin Divkum Polri. Sebelumnya, ia sudah pernah memimpin sejumlah wilayah di Jatim yaitu sebagai Kapolres Jombang pada tahun 2014 dan Kapolres Kediri pada tahun 2016. Yusep juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadireskrimsus) di Polda Metro Jaya dan Kapolres Bandara Soetta pada 2018.

2. Pembongkar kasus prostitusi daring Vanessa Angel

Sosok Fenomenal Kombes Yusep, Kapolrestabes Surabaya yang BaruDok.IDN Times/Istimewa

Nama Yusep kemudian dikenal di khalayak umum setelah membongkar salah satu kasus fenomenal yaitu prostitusi daring dengan menjerat sejumlah artis terutama Vanessa Angel pada tahun 2019. Saat itu, Yusep memimpin penyelidikan sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim.

Tak hanya kasus Vanessa Angel, Yusep juga aktif mengungkap perkara-perkara besar lain terutama di dunia siber. Salah satunya yaitu kasus kosmetik ilegal yang menyeret nama pedangdut nasional Via Vallen dan Nella Kharisma.

Baca Juga: Memo Dimutasi dari Jabatan Kasatreskoba Polrestabes Surabaya, Kenapa?

3. Pelopor e-Tilang saat menjadi Kapolres Kediri

Sosok Fenomenal Kombes Yusep, Kapolrestabes Surabaya yang BaruKombes Pol Akhmad Yusep Gunawan. Dok. tribratanewspoldajatim.com

Ketertarikan Yusep untuk mengembangkan teknologi informatika dengan penegakkan hukum memang tak bisa dipungkiri. Sebelum aktif mengungkap kejahatan siber, Yusep juga dikenal sebagai pelopor sistem Elektronik Tilang di Indonesia. Kala itu, Yusep menjabat sebagai Kapolres Kediri

Sudah 5 tahun sejak pertama kali e-Tilang diresmikan oleh Yusep di Kediri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman e-CJS Plus atau elektronik Criminal Justice System antara Polres Kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri dan Lapas Kabupaten Kediri. Konsep ini pun diapresiasi Mabes Polri dan diterapkan di puluhan Polda dan Polres di Indonesia. 

Penghargaan teranyar yang didapatkan Yusep adalah dalam bidang akademik di Reguler Sesko TNI Angkatan XLVII. Setelah menempuh pelatihan selama 7 bulan, Yusep menerima penghargaan dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai lulusan terbaik dari angkatan tersebut. Pelatihan ini diikuti oleh 170 Pasis dari TNI-Polri dan perwira dari mancanegara.

Baca Juga: Pembongkar Kasus Prostitusi Vanessa Angel Jadi Kapolrestabes Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya