Sempat Terjebak di Kebakaran Rumah, Satu Orang Meninggal di RS

Tiga pemadam kebakaran mengalami sesak napas

Surabaya, IDN Times - Kebakaran besar melalap rumah tiga lantai di Jalan Genteng Besar No 25, Surabaya Rabu (21/4/2021). Kebakaran ini menewaskan satu orang penghuninya setelah ia sempat mendapatkan perawatan di RSUD Dr Soetomo.

1. Api pokok kebakaran dipadamkan tak sampai 30 menit

Sempat Terjebak di Kebakaran Rumah, Satu Orang Meninggal di RSIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Baca Juga: Kebakaran di Tanah Abang Hanguskan 174 Lapak

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan bahwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 10.16 WIB. Setelah menerima laporan, mobil pemadam kebakaran langsung meluncur dan tiba di lokasi empat menit kemudian. Mereka pun langsung melaksanakan pemadaman.

"Petugas tiba di lokasi pukul 10.20 WIB, api pokok berhasil dipadamkan 10.39 WIB," ujar Bambang, Rabu (21/4/2021).

2. Butuh 15 unit pemadam kebakaran dan 3 bantuan tangki DKRTH

Sempat Terjebak di Kebakaran Rumah, Satu Orang Meninggal di RSIDN Times/istimewa

Pemadaman kebakaran rumah tiga lantai ini cukup sulit lantaran api sudah terlanjur membesar. Dibutuhkan 15 unit pemadam kebakaran termasuk Bronto Skylift untuk menjinakkan si jago merah. Posisi api cukup besar di lantai dua yang merupakan sumber api.

"Butuh bantuan juga 3 tangki dari DKRTH. Akhirnya pemadaman dan pembasahan baru selesai pukul 11.25 WIB hingga dinyatakan kondusif," lanjutnya.

3. Satu orang meninggal dunia dalam perawatan

Sempat Terjebak di Kebakaran Rumah, Satu Orang Meninggal di RS(Ilustrasi orang meninggal) IDN Times/Mia Amalia

Dari kebakaran itu, tiga orang penghuni sempat terjebak di lantai tiga. Mereka pun berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam dan langsung dilarikan ke RSUD Dr Soetomo dalam keadaan hidup. Sayangnya, salah satu korban yaitu Andi Budihartono Geonadi (40) meninggal dunia dalam perawatan.

"Korban lainnya yaitu Cisilia (70) mengalami sesak nafas dan luka bakar di lutut sebelah kiri. Kemudian Gracia Febriana Geonadi (22) kondisinya kesadaran menurun dan Kanung (67) sebagai ART mengalami luka bakar," jelas Bambang.

4. Kebakaran bersumber dari dapur

Sempat Terjebak di Kebakaran Rumah, Satu Orang Meninggal di RSIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Bambang menerangkan bahwa kebakaran ini bermula saat Kanung sedang memasak di dapur lantai dua. Namun tiba-tiba api dari kompor membesar hingga merambat ke benda-benda sekitarnya. Akibat kebakaran ini, tiga orang pemadam kebakaran juga mengalami sesak napas.

"Penyebab kebakaran diduga karena kompor ngebros. 75 persen bangunan dapat diselamatkan," tutup Bambang.

Baca Juga: HUT PMK, Kebakaran di Surabaya Turun 30 Persen di Tahun 2020

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya