Sempat Berdebat Sengit, Kini Emil-Puti Bersatu Demi Jokowi

Yang sudah sudah ya sudah lah

Surabaya, IDN Times - Emil Dardak dan Puti Guntur Soekarno sempat menjadi rival di kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Mereka berdua sama-sama merupakan calon wakil gubernur Jatim. Bahkan, saat debat Pilgub perdana 10 April 2018, keduanya terlibat dalam adu pendapat yang sengit hingga saling meninggikan suara. Namun, kini akhirnya mereka pertama kali nampak bersama dalam suatu acara. Tak nampak lagi raut wajah bersitegang di antara keduanya.

1. Pertama kali bertemu Puti

Sempat Berdebat Sengit, Kini Emil-Puti Bersatu Demi JokowiIDN Times/Fitria Madia

 

Emil mengatakan bahwa acara Deklarasi Dukungan Millennials untuk Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin merupakan kali pertama ia berjumpa kembali dengan Puti usai kontestasi Pilgub 2018.

"Ya alhamdulillah tadi ketemu Mbak Putih sebenarnya secara gak langsung berkomunikasi," ujarnya seusai acara deklarasi di Surabaya Town Square, Sabtu (2/3).

2. Mereka cukup dekat sebelum Pilgub

Sempat Berdebat Sengit, Kini Emil-Puti Bersatu Demi JokowiDok.IDN Times/Istimewa

 

Ia melanjutkan bahwa mereka sebenarnya cukup dekat sebelum sama-sama bertarung di Pilgub Jatim 2018. Namun hubungan mereka agak merenggang lantaran menjadi lawan tanding yang akhirnya dimenangkan oleh Emil.

"Alhamdulillah hasilnya positif makanya kita ya langsung nyambung lah begitu ketemu. Karena sebelum Pilgub pun kita juga berkawan cukup baik," jelasnya.

Baca Juga: Nekat, Begini Cerita Emil Dardak Banting Setir Jadi Politikus

3. Persaingan wajar terjadi dalam perjalanan politik

Sempat Berdebat Sengit, Kini Emil-Puti Bersatu Demi Jokowi

 

Sementara itu, Puti mengaku bahwa sebuah persaingan memang wajar terjadi dalam perjalanan politik. Namun persaingan tersebut semata-mata demi memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Politik kemarin itu kan buat saya adalah salah satu bagian dari perjalanan politik dan pesta demokrasi. Kalau kita sadar pendidikan politik kita tinggi yang namanya pesta demokrasi dan demokrasi memang harus ada bukan persaingan ada saling unjuk ide dan gagasan," terang Caleg PDIP dapil Jatim 1 tersebut.

4. Berharap dapat berkolaborasi dengan baik

Sempat Berdebat Sengit, Kini Emil-Puti Bersatu Demi JokowiDok. IDN Times/Istimewa

 

Ia melanjutkan bahwa persaingan tersebut memang seharusnya berakhir sejalan dengan berakhirnya Pilgub Jatim. Ke depan ia berharap dapat berkolaborasi dengan baik bersama Emil di bidang pemerintahan.

"Mas Emil sekarang sebagai wakil gubernur dan saya sekarang berjuang untuk maju di DPR RI. Nah ini kan kolaborasi antara eksekutif dan legislatif semua untuk apa? Karena semua untuk Indonesia," pungkasnya.

5. Sempat terlibat debat sengit

Sempat Berdebat Sengit, Kini Emil-Puti Bersatu Demi JokowiDok.IDN Times/Istimewa

 

Sebelumnya, Emil dan Puti sempat terlibat adu pendapat yang cukup sengit dalam debat pertama Pilgub Jatim. Saat itu Puti mempertanyakan kepemimpinan Emil lantaran masih ditemukannya kasus gizi buruk di Trenggalek. Merasa tak terima, Emil pun mempertanyakan keaslian sampel yang diberikan oleh Puti. Adu mulut ini pun tak usai saat waktu yang disediakan habis.

Baca Juga: [VIDEO] Puti Guntur Soekarno, Dadakan Jadi Cawagub hingga Kemahirannya Menari

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya