Sastrawan dan Akademisi Berdedikasi, Prof Budi Darma Tutup Usia

Karyamu abadi, Prof

Surabaya, IDN Times - Sosok sastrawan dan akademisi Indonesia, Prof. Dr. Budi Darma, MA meninggal dunia, Sabtu (21/8/2021). Budi adalah pegiat sastra dengan karyanya yang fenomenal dan mengantongi berbagai penghargaan. Saat ini, Budi juga tercatat sebagai Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

1. Budi meninggal pada usia 84 tahun

Sastrawan dan Akademisi Berdedikasi, Prof Budi Darma Tutup Usiaunesa.ac.id

Kabar kepergian Budi disiarkan oleh Unesa secara langsung dalam prosesi Wisuda Unesa 2021. Budi Darma meninggal dunia dalam usia 84 saat menjalani perawatan di RS Islam A. Yani, Surabaya. Budi menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 06.00 WIB, tepat saat acara wisuda berlangsung. Prosesi wisuda yang dipenuhi kegembiraan itu pun mendadak hening dan muram, Unesa kehilangan salah satu keluarga terbaiknya.

Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes pun menghentikan sejenak prosesi wisuda dan berdoa bersama untuk kepergian sosok Budi. Rasa duka mendalam disampaikan oleh para pimpinan dan dosen Unesa atas kepergian Budi.

“Kami semua (Warga Unesa) berduka. Seorang senior, guru, sekaligus panutan kami semua telah pergi hari ini," ujarnya, Sabtu (21/8/2021).

2. Sastrawan fenomenal yang raih berbagai penghargaan

Sastrawan dan Akademisi Berdedikasi, Prof Budi Darma Tutup UsiaRektor Unesa Profesor Nurhasan. (IDN Times/Fitria Madia)

Budi merupakan sosok sastrawan yang berdedikasi tinggi. Novel pertamanya yang berjudul Olenka (1983) sudah menggemparkan jagad sastra. Ia meraih juara pertama dalam Sayembara Mengarang Roman DKJ 1980 dan sekaligus memperoleh Hadiah Sastra DKJ 1983. Tahun 1984 beliau menerima Hadiah Sastra ASEAN. Tidak berhenti sampai di situ, beliau juga mendapat penghargaan Sastra Dewan Kesenian Jakarta, SEA Write Award, dan Anugerah Seni Pemerintah RI. 

“Saya kira Indonesia juga kehilangan seorang sastrawan besar yang berpengaruh” tutur Nurhasan.

Baca Juga: 10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!

3. Seorang akademisi yang berdedikasi

Sastrawan dan Akademisi Berdedikasi, Prof Budi Darma Tutup UsiaSastrawan dan akademisi Indonesia, Prof. Dr. Budi Darma, MA meninggal dunia. Dokumentasi Unesa

Tak hanya sebagai sastrawan, Budi juga mendedikasikan hidupnya di dunia akademik. Saat masih menjadi dosen, mendiang kerap diundang untuk berceramah, mengajar, menguji calon sarjana atau doktor sastra, baik dalam negeri ataupun luar negeri dan terlibat riset sastra di dalam dan di luar negeri. Budi juga tercatat sebagai Rektor Unesa (saat itu IKIP Surabaya) periode 1984-1988.

"Mohon doanya semoga beliau khusnul khotimah,” imbuh Nurhasan.

Baca Juga: Mahasiswa Bidikmisi Unesa Dirikan CV, Beri Desain Masjid Gratis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya