Khofifah Harap Tak Ada Peribadatan di Gereja untuk Sementara Waktu

Untuk mencegah penyebaran virus corona

Surabaya, IDN Times - Sama halnya dengan ibadah umat muslim yaitu salat Jumat, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta jika memungkinkan kebaktian umat nasrani diselenggarakan di rumah masing-masing. Jika tetap ada kegiatan di gereja, Khofifah meminta agar penjagaan kebersihan diperketat.

1. Kumpulkan tokoh agama Kristen Protestan dan Katolik terkait peribadatan di gereja

Khofifah Harap Tak Ada Peribadatan di Gereja untuk Sementara WaktuIlustrasi kebaktian di gereja. IDN Times/Fariz Fardianto

Khofifah sudah menggelar pertemuan dengan berbagai pihak terkait agama Kristen Protestan dan Kristen Katolik. Ia membahas pelaksanaan ibadat umat nasrani di tengah ancaman virus corona yang semakin merebak di Jatim.

"Saya sudah melakukan pertemuan kepada dewan gereja, romo, yang kami minta pendapat dan pandangan mereka serta memberikan peta sebaran Covid-19 yang ada di Jatim," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jumat petang (20/3).

2. Jelaskan sebaran virus corona pada tokoh agama

Khofifah Harap Tak Ada Peribadatan di Gereja untuk Sementara WaktuIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sana, Khofifah sudah menjelaskan peta sebaran virus corona yang sudah ada hampir di seluruh daerah di Jatim. Ia juga menyebutkan daerah-daerah yang masuk dalam zona merah dan zona kuning.

"Pada posisi yang daerah sudah terjangkit sudah teridentifikasi PDP ODP tertentu kami sudah menyampaikan kepada para pendeta dan para romo," tuturnya.

Baca Juga: ODP Corona di Jatim Naik Tajam, dari 91 Jadi 635 Orang 

3. Berharap agar ibadat di gereja bisa ditiadakan atau melalui live streaming

Khofifah Harap Tak Ada Peribadatan di Gereja untuk Sementara WaktuIlustrasi tempat ibadah gereja. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Khofifah pun meminta peribadatan di gereja ditiadakan atau diganti dengan live streaming. Ia ingin agar masyarakat Jatim tetap berada di rumah masing-masing untuk menghindari potensi penularan virus corona.

"Pemprov mengimbau terkait dengan menghadirkan orang seyognyanya dapat dihindari. Berkaitan dengan arahan presiden ataukah dari berbagai tokoh agama juga untuk dipersilakan beribadah di rumah," pintanya.

4. Tak melarang jika tetap ingin gelar peribadatan di gereja

Khofifah Harap Tak Ada Peribadatan di Gereja untuk Sementara WaktuGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan konferensi pers di Grahadi, Rabu (18/3). IDN Times/Fitria Madia

Namun, jika suatu gereja tetap ingin melaksanakan ibadat, Khofifah tak akan melarang. Ia berpesan agar gereja tersebut disiplin menjaga kebersihan seperti melakukan disinfeksi dan menyediakan tempat cuci tangan atau westafel. Para jemaat pun diharapkan juga menggunakan masker dan tetap jaga jarak.

"Kami sangat menghormati seluruh pandangan pandangan itu tetapi yang ternyata harus dilakukan peribadatan SOP-nya kami mohon bisa terpenuhi," tutupnya.

Baca Juga: Khofifah Bolehkan Salat Jumat, tapi Tidak di Masjid Pemprov

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya