Kecam Macron, Beberapa Ormas Islam di Surabaya Demo Konjen Prancis

Mulai Laskar FPI hingga Muhammadiyah

Surabaya, IDN Times - Laskar Front Pembela Islam (FPI) serta beberapa organisasi islam lainnya di Kota Surabaya akan berdemonstrasi di Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Prancis, Jalan Mawar nomor 4, Tegalsari, Surabaya, Senin (2/11/2020). Mereka mengecam pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina Islam.

1. Diikuti berbagai elemen ormas Islam di Surabaya

Kecam Macron, Beberapa Ormas Islam di Surabaya Demo Konjen Prancisindependent.co.uk

Wali Laskar FPI Surabaya, Agus Fachrudin mengatakan, aksi ini akan diikuti berbagai elemen ormas Islam. Antara lain, Radio Dakwah Islam, Jamaah Ansharu Syariah, Muhammadiyah, P-411, dan Hidayatullah. Ia mencatat, setidaknya ada 1.000 orang yang akan mengikuti aksi kali ini.

"Ini dari berbagai elemen. Kami semua sepakat untuk mengecam ujaran Presiden Prancis yang telah menghina umat Islam di seluruh dunia," ungkap pria yang karib disapa Gus Din ini.

2. Aksi dimulai usai Salat Zuhur

Kecam Macron, Beberapa Ormas Islam di Surabaya Demo Konjen PrancisPresiden Prancis Emmnuel Macron mengunjungi laboratorium pembuat vaksin Sanofi Pasteur di Marcy-l'Etoile, Prancis, pada 16 Juni 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes

Para massa aksi ini akan berkumpul di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah untuk melaksanakan Salat Zuhur berjemaah. Setelah itu, baru mereka bersama-sama konvoi dengan sepeda motor dipimpin mobil komando menuju Kantor Konjen Prancis di Jalan Mawar.

"Pukul 11.00 WIB sudah mulai kumpul. Kami nanti berangkatnya seusai Salat Zuhur," tuturnya.

Baca Juga: FPI Klaim Kepulangan Rizieq di Depan Mata, Tinggal Beli Tiket

3. Tuntut Macron minta maaf hingga pemutusan hubungan diplomatik

Kecam Macron, Beberapa Ormas Islam di Surabaya Demo Konjen PrancisPresiden Prancis Emmanuel Macron (ANTARA/REUTERS/Pascal Rossignol)

Di depan Kantor Konjen Prancis nanti, mereka akan mengutarakan beberapa tuntutan. Yang pertama adalah permintaan maaf Macron kepada umat Islam seluruh dunia. Kemudian pemutusan hubungan diplomatik Indonesia dan Prancis. Serta pemboikotan produk Prancis di Indonesia.

"Untuk pemboikotan produk beberapa swalayan Islam di Kota Surabaya dan beberapa daerah di Jatim sudah mulai melakukannya sejak ada seruan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Saat Jokowi Kecam Pernyataan Presiden Prancis Macron soal Islam

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya