Kabar 10 Warga Jatim Terinfeksi Corona, Kadinkes Pastikan Negatif

Penanganannya dirasa sudah maksimal

Surabaya, IDN Times - Kabar 10 warga Jawa Timur yang diduga terjangkit virus corona atau covid-19 tentu membuat publik resah. Pasalnya sudah ada 2 warga Depok yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Pemerintah Provinsi Jatim memastikan bahwa 10 orang tersebut tidak positif terinfeksi covid-19.

1. Mereka orang adalah pasien lama

Kabar 10 Warga Jatim Terinfeksi Corona, Kadinkes Pastikan NegatifIDN Times/Sukma Shakti

Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Herlin Ferliana menjelaskan bahwa 10 orang yang dimaksud merupakan pasien yang sampel dahaknya sempat dikirimkan ke laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pengiriman sampel itu sebenarnya sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

"Sudah kami kirim semua hasilnya negatif jadi berarti sampai hari ini sampai hari ini Jawa Timur masih menyatakan aman," ujar Herlin, Senin (2/3).

2. Dipastikan negatif virus corona

Kabar 10 Warga Jatim Terinfeksi Corona, Kadinkes Pastikan NegatifIlustrasi virus Corona. IDN Times/Sukma Shakti

Pihaknya memastikan bahwa 10 orang tersebut tidak terjangkit virus corona. Pasalnya setelah dua kali masa inkubasi atau 14 hari, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda terinfeksi. Didukung dengan hasil pemeriksaan Balitbangkes, 10 orang tersebut dinyatakan negatif virus corona.

"Ditunggu 14 hari kemudian kok tidak ada panas dan tidak ada gejala. Maka dia sudah katakan tidak apa namanya mengandung virus corona di dalam tubuhnya," jelasnya.

3. Penanganan sudah maksimal

Kabar 10 Warga Jatim Terinfeksi Corona, Kadinkes Pastikan NegatifIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Herlin memastikan bahwa penanganan 10 orang tersebut sudah maksimal. Sejak mereka mengalami gejala batuk dan demam usai pulang dari luar negeri, mereka langsung diisolasi di rumah sakit Pemprov Jatim.

"Pada saat di isolasi kita periksa laboratoriumnya kita periksa rontgen-nya gitu sampai kita periksa swabnya," tuturnya.

Baca Juga: 9 Cara Terhindar dari Virus Corona Saat Traveling dengan Pesawat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya