Jadi Tersangka, Walkot Pasuruan Dicopot dari Timses Jokowi-Ma'ruf

Padahal ia korwil untuk Kota Pasuruan

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Pasuruan, Setiyono resmi ditahan oleh KPK atas dugaan kasus korupsi proyek pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu - Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT - KUMKM). Padahal, saat ini Setiyono juga menjabat sebagai salah satu anggota Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim paslon Jokowi-Ma'ruf.

1. Dicopot dari TKD

Jadi Tersangka, Walkot Pasuruan Dicopot dari Timses Jokowi-Ma'rufIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Jatim, Machfud Arifin mengatakan bahwa nama Setiyono sebagai salah satu anggota TKD terpaksa dicoret lantaran statusnya yang kini telah resmi sebagai tersangka. "Kalau sudah tersangka ya harus dilepas," ujarnya ketika dihubungi oleh IDN Times, Jumat (5/10).

Baca Juga: Ditahan KPK, Wali Kota Pasuruan Terancam Hukuman Bui 20 Tahun 

2. Pengganti masih dibahas

Jadi Tersangka, Walkot Pasuruan Dicopot dari Timses Jokowi-Ma'rufIDN Times/Fitria Madia

Terkait pengisi kekosongan posisi Setiyono sebagai Koordinator Wilayah Pasuruan, Machfud mengaku masih akan membahasnya lagi. Sementara itu, nama Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo masih menempati posisi sebagai wakil korwil Pasuruan. "Nanti dulu, ya. Masih dalam pembahasan. Nanti kita kabari," ujarnya.

3. Teno siap menggantikan Setiyono

Jadi Tersangka, Walkot Pasuruan Dicopot dari Timses Jokowi-Ma'ruf(Wali Kota Pasuruan usai mengenakan rompi oranye) IDN Times/Angela Monica

Dihubungi secara terpisah, Teno mengaku telah siap apabila ditunjuk sebagai korwil sebagai pengganti Setiyono. Karena menururnya, secara struktural memang ia yang menjadi wakil Setiyono dan akan menggantikan tugas-tugasnya untuk memenangkan suara Jokowi-Ma'ruf di Pasuruan. "Jadwal kampanye atau gimananya nanti masih tunggu instruksi. Saat ini masih fokus untuk ngurusi Pasuruan," jelasnya.

Baca Juga: Setiyono Ditahan KPK, Wakil Wali Kota Pasuruan Akan Menghadap Gubernur

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya