Comscore Tracker

Diteror di Medsos, Panitia Ospek Unesa Dapat Pendampingan Psikologi

Mereka mendapat teror hingga ke nomor pribadi

Surabaya, IDN Times - Para panitia Perkenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang viral di media sosial saat ini sedang mengalami trauma. Pasalnya, mereka mendapatkan teror di media sosial, bahkan di nomor telepon pribadi mereka. Saat ini pihak kampus pun memberikan pendampingan terhadap mereka.

1. Panitia ospek yang viral mendapat teror hingga trauma

Diteror di Medsos, Panitia Ospek Unesa Dapat Pendampingan PsikologiVinda Maya Setianingrum, Humas Unesa dalam acaraSosialisasi Penerimaan Mahasiswa Unesa dari Wuhan Rabu (12/2). IDN Times/Tarida Alif

Kepala Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum menjelaskan bahwa sejak video cuplikan ospek tersebut viral hingga menjadi trending topic di Twitter, panitia ospek yang bertugas sebagai komite disiplin (Komdis) pun mendapatkan teror. Pasalnya warganet menilai bahwa para panitia gila hormat serta terlalu  berlebihan saat memarahi peserta ospek.

“Mereka mengalami tekanan yang luar biasa hebat di media sosial maupun langsung di nomor pribadi sehingga kami ambil langkah cepat untuk memberikan layanan terapi kognitif yang biasa diberikan untuk penderita tekanan mental," ujar Vinda, Selasa (15/9/2020).

2. Panitia yang trauma didampingi psikolog

Diteror di Medsos, Panitia Ospek Unesa Dapat Pendampingan PsikologiOspek FIP Unesa yang viral di Twitter. Screenshoot Twitter/com/rafirizqu19

Saat ini pihak kampus pun mengerahkan pendampingan psikologis terhadap para panitia melalui tim crisis center Unesa dari program studi psikologi. Mereka akan mendapatkan terapi sejak hari ini untuk mencegah masalah mental yang diakibatkan dari teror para warganet.

“Kami ingin memastikan bahwa anak-anak terdampingi dan terjaga mentalnya. Saat ini Unesa sudah memasuki masa perkuliahan semester gasal sehingga kami berupaya agar mereka tidak drop dan tetap semangat menjalani perkuliahan dengan baik,” tuturnya.

Baca Juga: Video Ospek Bentak-bentak Maba Jadi Viral, Unesa Panggil Para Komdis

3. Akan kunjungi rumah Maba dalam video itu

Diteror di Medsos, Panitia Ospek Unesa Dapat Pendampingan PsikologiOspek FIP Unesa yang viral di Twitter. Screenshoot Twitter/com/rafirizqu19

Vinda menegaskan bahwa Unesa akan menyelesaikan permasalahan ospek ini dengan kekeluargaan di internal Unesa. Pihaknya tidak akan memberikan sanksi kepada para panitia. Selain itu, pihak kampus dan panitia juga akan mengunjungi rumah mahasiswa baru dalam video yang dimarahi Komdis karena tidak memakai ikat pinggang.

“Hasil rapat siang ini, kami berkomitmen menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan dan memberikan konseling langsung pada malam hari ini. Kami juga akan melakukan silaturahmi kepada keluarga mahasiswa baru semoga suasana kekeluargaan terbangun," pungkasnya.

Baca Juga: Ospek dengan Tensi dan Bentakan, Dosa Besar Senior Unesa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya