Comscore Tracker

Buruan! Warga Umum Surabaya Kini Bisa Vaksin Lewat Tautan Ini

Yang penting berusia di atas 18 tahun

Surabaya, IDN Times - Vaksin COVID-19 bagi warga Kota Surabaya kini tersedia bagi masyarakat umum dalam rentang usia 18-50 tahun. Warga yang sebelumnya tak memenuhi syarat vaksinasi seperti berusia di atas 50 tahun, pekerja publik atau lainnya kini sudah bisa mendapatkan vaksinasi.

1. Pendaftaran vaksinasi bagi warga berusia di atas 18 tahun bisa melalui tautan

Buruan! Warga Umum Surabaya Kini Bisa Vaksin Lewat Tautan IniKepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara  mengatakan bahwa saat ini pihak Pemkot Surabaya sudah mulai mendata masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi. Kali ini, tak ada kriteria khusus bagi pendaftar vaksin hanya usia di atas 18 tahun. Pendataan ini melalui tautan http://bit.ly/pendaftaranvaksin18tahun.

"Memang benar link yang beredar itu dibuat oleh Dinkes. Mohon untuk diisi sebenar-benarnya sesuai dengan KTP," ujar Febri, Selasa (15/6/2021).

2. Pendaftar harus mengisi data diri

Buruan! Warga Umum Surabaya Kini Bisa Vaksin Lewat Tautan IniIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam formulir tersebut, terdapat beberapa data diri yang wajib diisi yaitu nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tempat lahir, tanggal lahir, usia, alamat KTP, alamat domisili, nomor telepon, dan profesi. Selanjutnya, pendaftar juga wajib mengisi nama tempat bekerja serta memilih tempat fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk mendapatkan vaksinasi.

"Setelah itu klik submit. Maka pendaftaran tersebut dinyatakan selesai. Lalu nanti akan mendapat konfirmasi terkait pelaksanaan vaksinasi oleh petugas Dinkes," jelasnya.

3. Akan dihubungi melalui SMS

Buruan! Warga Umum Surabaya Kini Bisa Vaksin Lewat Tautan IniVaksin COVID-19 Sinovac pada 19 Juli 2020 tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad. Dok. IDN Times/bt

Data yang dikumpulkan melalui Google Formulir itu kemudian akan dikumpulkan oleh Dinkes. Nantinya, pihak Dinkes akan menghubungi pendaftar vaksinasi melalui SMS mengenai konfirmasi vaksinasi sekaligus jadwal vaksinasi.

"Jadi tidak perlu datang ke puskesmas untuk tanya jadwalnya. Karena kami sudah mengantongi data yang diinput oleh calon pasien vaksin," tuturnya.

Baca Juga: Meski Sudah Vaksin, Pakar Sebut COVID-19 Varian Baru Bisa Menginfeksi

4. Segera mendaftar dan mendapat vaksinasi

Buruan! Warga Umum Surabaya Kini Bisa Vaksin Lewat Tautan IniIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Febri pun mengajak agar seluruh warga yang berusia di atas 18 tahun mengisi tautan tersebut untuk pendaftaran. Semakin cepat vaksinasi COVID-19 dilakukan maka semakin banyak masyarakat yang memperoleh vaksin. Dengan demikian, semakin lekas pula pandemik COVID-19 tuntas.

"Kita terus lakukan vaksinasi ini mulai menyasar di kalangan usia di atas 18 tahun. Untuk pelaksanannya kita lihat jumlah yang mendaftar, lalu akan dipilah sesuai faskes dan dihubungi yang bersangkutan,” pungkasnya.

Baca Juga: SI-ASIN, Aplikasi Pemantau Sebaran Vaksin COVID-19

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya