3.169 Kendaraan Ditolak Masuk Jatim di Hari Pertama Larangan Mudik

Kendaraan diputarbalikkan karena tak penuhi persyaratan

Surabaya, IDN Times - Di hari pertama pelarangan mudik lebaran pada Kamis (6/5/2021), ribuan kendaran telah ditolak memasuki Jawa Timur. Rerata para pelanggar tidak membawa surat hasil negatif COVID-19 atau surat keterangan dari tempat kerja.

Baca Juga: Hari Pertama Penyekatan, Beberapa Mobil Diminta Putar Balik

1. Sebanyak 3.169 kendaraan diputarbalikkan

3.169 Kendaraan Ditolak Masuk Jatim di Hari Pertama Larangan MudikSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman menerangkan, total telah ada 3.169 kendaraan yang ditolak masuk Jatim. Mereka berasal dari perbatasan terluar Jatim antara Jawa Tengah dan Bali. Hingga saat ini, jumlah kendaraan yang diputarbalikkan itu masih terus bertambah.

"Kendaraan yang keluar atau masuk provinsi Jatim akan dilaksanakan pemeriksaan pos screening, bilamana terindikasi mudik akan diputar balik sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Latif, Jumat (7/5/2021).

2. Mereka tak bisa menunjukkan persyaratan melintasi daerah

3.169 Kendaraan Ditolak Masuk Jatim di Hari Pertama Larangan MudikSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Latif menjelaskan, ribuan kendaraan ini diputarbalikkan lantaran tidak bisa menunjukkan kelengkapan untuk melintasi daerah. Beberapa syarat yang harus dilengkapi adalah surat negatif COVID-19, surat izin keluar masuk dari kelurahan, serta surat keterangan kerja dari perusahaan.

"Yang tidak bisa menunjukkan syarat tersebut, langsung diputarbalikkan ke tempat asal (pelaku perjalanan mudik)," tutur Latif.

3. Kebanyakan tak punya surat keterangan kerja

3.169 Kendaraan Ditolak Masuk Jatim di Hari Pertama Larangan MudikSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, tepatnya di depan Mal City of Tomorrow, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Dari ribuan orang itu, Latif mengatakan kebanyakan tak mempunyai surat keterangan kerja dari perusahaan. Kemudian paling banyak juga tidak mengantongi bebas COVID-19 berupa hasil tes rapid antibodi, rapid antigen, maupun tes swab PCR. 

"Banyak masyarakat yang berasumsi untuk bekerja pada lokasi yang dituju, tapi tidak adanya surat izin dari perusahaan tempat kerja atau surat izin dari kelurahan atau kecamatan," ungkapnya.

4. Kendaraan yang diputarbalik berasal dari perbatasan Jateng dan Bali

3.169 Kendaraan Ditolak Masuk Jatim di Hari Pertama Larangan MudikPersonel kepolisian memeriksa surat kendaraan dan KTP saat penyekatan pemudik. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Latif memaparkan, dari 8 titik penyekatan perbatasan antara Jatim dan Jateng, sebanyak 971 motor, 1.386 mobil penumpang, 188 bus, 287 mobil barang, dan 35 kendaraan khusus telah ditolak. Sedangkan dari berbatasan Bali dan Jatim sebanyak 152 motor, 130 mobil, dan 20 mobil bus diputarbalikkan.

"Kami akan periksa dengan seksama. Bilamana terindikasi mudik, akan diputar balik sesuai ketentuan yang berlaku," tegas Latif.

Baca Juga: Ratusan Kendaraan Putar Balik, Terjaring Penyekatan di Blitar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya