RSUD dr. Soedomo Trenggalek Rawat Satu PDP dan Lima ODP

Mereka baru saja bepergian dari daerah terpapar corona

Trenggalek, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedomo Trenggalek, merawat enam pasien yang baru pulang bepergian dari daerah terpapar virus corona. Mereka menderita gejala flu dan mengalami gejala pneumonia ringan. Dari enam pasien, satu di antaranya berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sedangkan sisanya masih berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

1. Baru pulang bepergian dari daerah terpapar corona

RSUD dr. Soedomo Trenggalek Rawat Satu PDP dan Lima ODPSuasana pelayanan di RSUD Dr Soedomo Trenggalek, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Humas RSUD dr. Soedomo, Trenggalek Sujiono menjelaskan, pasien yang dinyatakan sebagai PDP ini diketahui baru pulang dari Malaysia. Lima pasien lainnya diketahui mempunyai riwayat perjalanan dari luar kota seperti Jakarta, Solo dan Yogyakarta.

Meskipun lima pasien masih berstatus sebagi ODP, namun perawatannya tetap seperti  ruang isolasi. "Penanganan tetap kami lakukan dengan standar optimal di ruang isolasi," ujarnya, Sabtu (21/03).

2. Pasien alami gejala pneumonia ringan

RSUD dr. Soedomo Trenggalek Rawat Satu PDP dan Lima ODPSuasana pelayanan di RSUD Dr Soedomo Trenggalek, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Seluruh pasien pun telah menjalani observasi oleh tim medis. Hasilnya, beberapa di antaranya teridentifikasi mengalami gejala klinis pneumonia ringan. Pihak rumah sakit pun meminta bantuan tim medis dari RSUD dr. Iskak, Tulungagung untuk melakukan pengambilan sampel swab tenggorokan. Sampel tersebut akan dikirim ke Laboratorium Kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

3. Belum ada kasus positif corona di Trenggalek

RSUD dr. Soedomo Trenggalek Rawat Satu PDP dan Lima ODPHumas RSUD Dr Soedomo Trenggalek, Sujiono, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain tak ada layanan tes swab, kapasitas ruang isolasi di RSUD dr. Soedomo Trenggalek saat ini telah penuh. Dari tujuh tempat tidur yang tersedia, enam di antaranya telah terisi, sedangkan satu tempat tidur sisanya diperuntukkan bagi pasien infeksi lain.

Meski begitu, Sujiono memastikan hingga saat ini tidak ada kasus positif corona di Trenggalek. "Jadi yang beredar selama ini hoaks, Trenggalek belum ada kasus positif corona," pungkasnya.

Baca Juga: Salat Jumat di Jatim Tetap Digelar, tapi Ada Syarat Khusus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya