Comscore Tracker

Ribuan Vaksin Sinovac Tiba di Tulungagung Besok

Akan di distribusikan ke 40 fasilitas kesehatan

Tulungagung, IDN Times - Setelah sempat tertunda, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung dijadwalkan akan menerima kiriman vaksin sinovac, Jumat (22/1/2020) besok. Sebanyak 5280 dosis vaksin akan diterima oleh Satgas dari Pemprov Jatim.

Selanjutnya, vaksin akan disimpan di Dinas Kesehatan setempat untuk dilakukan pengecekan. Kemudian, vaksin akan disebar ke 40 fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk untuk melakukan vaksinasi. Proses vaksinasi sendiri akan dilakukan pada awal bulan Februari mendatang.

1. Vaksin akan dikirim ke 40 faskes di Tulungagung

Ribuan Vaksin Sinovac Tiba di Tulungagung BesokKepala Dinas Kesehatan Tulungagung, dr Kasil Rohmad, IDN Times / istimewa

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, dr. Kasil Rohmad menuturkan, pihaknya telah menyiapkan cold storage, untuk menyimpan kiriman vaksin sinovac ini. Mereka akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum di distribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan.

Pengecekan ini meliputi kondisi vaksin apakah terdapat perbuhan atau tidak. Setelah dipastikan kondisinya, vaksin akan dikirim ke 40 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 32 Puskesmas dan 8 rumah sakit daerah serta swasta. "Kami tidak tahu pasti datangnya pagi atau sore. Selanjutnya kami akan cek masing-masing botol vaksin kualitasnya berubah apa tidak," ujarnya, Kamis (21/1/2021).

2. Sebanyak 2640 orang akan terima vaksin

Ribuan Vaksin Sinovac Tiba di Tulungagung BesokIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada termin pertama ini, terdapat 2.640 orang yang akan menerima vaksinasi. Mereka adalah para SDM kesehatan, mulai dari dokter, perawat, bidan, dan para pekerja di fasilitas kesehatan. Termasuk para petugas kebersihan dan petugas keamanan di fasilitas kesehatan. Untuk mendapatkan suntikan vaksin ini, calon penerima akan memeroleh SMS. Dalam pesan pendek ini calon penerima vaksin akan diarahkan ke faskes terdekat dan tercantum tanggal serta jam penyuntikan.

Meskipum begitu calon penerima vaksin bisa melakukam revisi jadwal yang telah ditentukan ini. "Misalnya saya sudah dapat SMS , tapi di tanggal yang ditentukan saya tidak bisa. Maka lewat sistem saya bisa menjadwal ulang," imbuhnya.

 

Baca Juga: Jokowi: Kita Ada Kekuatan Vaksinasi COVID-19, Negara Lain Gak Punya

3. Siap lakukan vaksinasi

Ribuan Vaksin Sinovac Tiba di Tulungagung BesokIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebanyak 147 petugas vaksinator juga telah disiapkan. Mereka sudah mendapatkan pelatihan penyuntikan vaksin sicovac ini. Selaik itu terdapat 140 petugas skrining dan 187 petugas untuk membantu layanan ini. Untuk menangani Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI), Pemkab Tulunggung juga telah membentuk tim KIPI. Langkah ini dilakukan untuk menangani jika terjadi kejadian pasca imunisasi. "Intinya semua sudah kita siapkan, dan kita siap untuk melakukan vaksinasi," pungkasnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID di Bandung, Dinkes Minta Sistem Pendaftaran Diperbaiki

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya