Kondisi Backpacker Asal Jerman Membaik, Tunggu Hasil Tes Corona

Masih dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung

Tulungagung, IDN Times - Kondisi Warga Negara Asing (WNA) asal Jerman yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung berangsur membaik. Pasien perempuan berinisial IG (53) ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi. Pihak rumah sakit juga masih menunggu hasil uji laboratorium sampel swab milik pasien yang sudah dikirimkan. Hasil uji laboratorium ini menentukan apakah pasien tersebut terkena virus corona  atau tidak.

1. Masih dirawat di ruang isolasi

Kondisi Backpacker Asal Jerman Membaik, Tunggu Hasil Tes CoronaRuang isolasi RSUD Dr Iskak. IDN Times/Bramanta Pamungkas.

Humas RSUD Dr Iskak Tulungagung Mohammad Rifai menjelaskan, kondisi pasien berangsur membaik dari sebelumnya. Pasien masuk dengan kondisi mengalami flu dan suhu tubuh tinggi saat sedang berkunjung ke kawasan Pantai Sanggar, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

Masyarakat yang mengetahui kondisi pasien langsung membawanya ke Puskesmas terdekat dan dirujuk langsung ke RSUD.

"Kondisinya sekarang berangsur membaik dan kami masih menunggu hasil uji laboratorium," jelas Rifai, Senin (23/3).

2. Hanya bisa konsumsi buah dan roti

Kondisi Backpacker Asal Jerman Membaik, Tunggu Hasil Tes CoronaPetugas merawat pasien diduga corona, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak rumah sakit sendiri memberikan sedikit pelayanan tambahan terhadap WNA ini. Jika pasien biasanya mengikuti menu makanan rumah sakit, khusus WNA Jerman ini pihak rumah sakit menyesuaikan dengan keinginan pasien. Yang bersangkutan tidak biasa memakan nasi maupun bubur.

"Pasien biasa mengonsumsi buah-buahan dan roti, untuk itu kami menyesuaikan dengan menu yang biasa dikonsumsi oleh pasien tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Pandemi Corona, Perajin Masker di Tulungagung Banjir Pesanan

3. Menjalani perawatan sejak Jumat malam

Kondisi Backpacker Asal Jerman Membaik, Tunggu Hasil Tes CoronaPetugas merawat pasien diduga corona, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sebelumnya seorang WNA asal Jerman dirawat di ruang isolasi sejak Jumat malam (20/3). Pasien tersebut diketahui merupakan seorang backpacker yang sedang berkunjung ke Tulungagung. Saat berada di Pantai Sanggar, dia mendadak demam tinggi. Warga sekitar kemudian membawanya ke Puskesmas Tanggunggung lalu dirujuk ke RSUD.

Saat dirontgen, pasien diketahui mengalami gejala pneumonia. Namun dokter tetap melakukan tes swab dan mengirim sampelnya ke Jakarta

Baca Juga: WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya