Comscore Tracker

Kejar Target Vaksinasi, Pemkot Kediri Libatkan Mahasiswa Kesehatan

Target Agustus 70 persen warga divaksin

Kediri, IDN Times - Capaian vaksinasi di Kota Kediri hingga saat ini baru sebanyak 51,9 persen. Pihak Pemkot sendiri terus gencar melakukan kampanye vaksinasi. Mereka menargetkan pada bulan Agustus mendatang, capaian vaksinasi mencapai 70 persen. Untuk mencapai target tersebut, mereka akan mengirimkan undangan vaksinasi ke sejumlah sasaran dengan menggunakan pesan singkat SMS.

1. Target sasaran akan menerima pesan

Kejar Target Vaksinasi, Pemkot Kediri Libatkan Mahasiswa KesehatanPelaksanaan vaksinasi di Kota Kediri. IDN Times/ istimewa

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Kediri, Herwin Zakiyah menerangkan, sejak layanan vaksinasi usia 18 tahun ke atas dibuka, banyak pertanyaan soal vaksinasi yang masuk melalui Layanan Kontak Corona Kota Kediri ataupun media sosial Pemkot Kediri.

Pertanyaan tersebut berkisar kapan jadwal dan lokasi vaksinasi. Merespons hal tersebut, Pemkot Kediri melalui Dinas Kominfo secara bertahap mengirimkan SMS kepada para pemohon vaksinasi. "Pemohon akan menerima SMS undangan vaksinasi yang menyebutkan lokasi, tanggal, serta jam vaksinasi," ujarnya, Senin (12/7/2021).

3. Sebanyak 7000 warga telah mendaftar secara online

Kejar Target Vaksinasi, Pemkot Kediri Libatkan Mahasiswa KesehatanPelaksanaan vaksinasi di Kota Kediri. IDN Times/ istimewa

Saat ini, kata dia, sudah ada 7.000 pendaftar melalui link  bit.ly/Vaksinasi18keatasKotaKediri. Tidak hanya bagi pendaftar melalui formulir online, pesan SMS juga akan dikirim ke warga yang mendaftar melalui RT/RW sehingga warga tidak perlu cemas ketinggalan informasi atau kehabisan jatah vaksin.

Pesang SMS ini juga sudah memuat jam pelaksanaan vaksinasi. Hal ini untuk menghindari warga tidak sampai berjubel antre di lokasi vaksinasi. “Ini sesuai arahan Bapak wali kota agar jangan sampai adanya vaksinasi ini malah membuat klaster baru di Kota Kediri," ujarnya.

Baca Juga: Lengkap, Persik Kediri Kedatangan Pemain Asal Brazil

3. Mahasiswa Prodi Kesehatan dilibatkan

Kejar Target Vaksinasi, Pemkot Kediri Libatkan Mahasiswa KesehatanPetugas menunjukkian vaksin yang akan disuntik. IDN Times/ istimewa

Saat ini terdapat 9 Puskesmas di Kota Kediri dan beberapa rumah sakit yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, terdapat pula vaksinasi mobile untuk mendekatkan sasaran ke layanan vaksinasi.

Tak hanya itu, mahasiswa program studi kesehatan di Kota Kediri juga dikerahkan untuk mempercepat target vaksinasi. "Kita harapkan semua berjalan sesuai target sehingga segera terbentuk herd immunity," pungkasnya.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya