Sempat Terjatuh, Warga Banyuwangi Kembalikan HP Milik Turis Serbia

Bupati Anas: Tepuk tangan untuk warga Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times - Wisatawan mancanegara (wisman) asal Serbia, Natalija, terharu dan salut dengan kejujuran serta keramahan warga Banyuwangi. Saat mengikuti ajang lari di tengah belantara perkebunan kopi, Banyuwangi Gombengsari Platation Run, handphone (HP) Natalija terjatuh. Beruntung, warga desa setempat menemukannya dan mengembalikan kepada Natalija.

1. Kronologis kejadian HP Natalija terjatuh

Sempat Terjatuh, Warga Banyuwangi Kembalikan HP Milik Turis SerbiaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Kejadian itu berawal saat Natalija berlari di destinasi wisata yang terkenal dengan perpaduan kopi dan peternakan kambing etawa tersebut. Baru berlari satu kilometer, Natalija merasakan HP-nya berdering. Ternyata ada telepon dari ibundanya yang berada di Serbia.

Usai bercakap-cakap dengan sang ibu, Natalija kembali memasukkan HP-nya ke dalam tas. Karena ingin segera berlari menikmati hawa sejuk perkebunan yang masih berkabut, Natalija tak cukup rapat dalam menutup tasnya. Alhasil, tanpa sadar, HP-nya terjatuh.

"Setelah cukup jauh berlari, saya baru sadar kalau handphone terjatuh. Dan tas saya agak terbuka, ternyata saya tak rapat menutupnya," ujarnya.

Natalija langsung gundah. Tapi tak mungkin dia kembali menyusuri rute karena telah cukup jauh berlari. Akhirnya, gadis berambut pirang itu tetap melanjutkan berlari ke garis finish sembari berdoa ada seseorang yang akan menemukan ponselnya.

2. Seorang warga akhirnya menemukan HP dan diserahkan ke panitia untuk diumumkan

Sempat Terjatuh, Warga Banyuwangi Kembalikan HP Milik Turis SerbiaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Di saat yang sama, salah seorang warga setempat, Suyono, saat sedang berjalan menemukan sebuah ponsel. Dia lalu mengambil dan langsung menyerahkan ke panitia setempat. Suyono merasa yakin bahwa itu ponsel dari salah satu pelari.

"Saya serahkan ke panitia. Saat finish, panitia lalu mengumumkan tentang penemuan handphone tersebut," ujarnya. 

3.Ponsel yang menyimpan data penting tersebut kembali ke tangan Natalija

Sempat Terjatuh, Warga Banyuwangi Kembalikan HP Milik Turis Serbiaaazor.com

Pengumuman tersebut lalu didengar Natalija, dan Natalija langsung menuju panggung untuk mengklarifikasi ponsel tersebut. Oleh panitia, HP tersebut langsung diserahkan ke Natalija.

“Saya tidak bisa membayangkan jika ponsel saya tidak ketemu. Banyak sekali data penting. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Banyuwangi, terutama kepada bapak yang menemukan ponsel ini,” ungkap Natalija.

4. Kejujuran penduduk adalah modal bagi pengembangan pariwisata daerah

Sempat Terjatuh, Warga Banyuwangi Kembalikan HP Milik Turis SerbiaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam ajang lari tersebut sangat bangga dengan kejujuran warganya, khususnya sang penemu HP. Menurut dia, kejujuran penduduk adalah modal bagi pengembangan pariwisata daerah.

“Hormat yang setinggi-tingginya untuk warga Gombengsari. Ada HP yang jatuh, dan langsung dikembalikan. Ini bagian dari hospitality, modal yang tak ternilai dalam pengembangan pariwisata. Tepuk tangan untuk warga Banyuwangi,” ungkap Bupati Anas yang disambut tepuk tangan gemuruh dari para peserta dan penonton ajang Gombengsari Plantation Run. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya