Comscore Tracker

Warga Bantu Warga, Ghina Sediakan Makanan untuk Pasien Isoman

Hubungi nomor telepon 0895333310976

Surabaya, IDN Times - Sebuah pesan siar berisikan bantuan permakanan hingga disinfektan dari Dapur Umum Surabaya beredar di media sosial. Bantuan ini dikhususkan bagi warga kota yang sedang menjalani isolasi mandiri lantaran terpapar virus corona SARS CoV-2. Pesan itu pun bukan isapan jempol belaka. Penanggung Jawab Dapur Umum Surabaya, Ghina Debora Kaseger. Ia pun membenarkan kalau pihaknya memberikan bantuan tersebut.

1. Dapur Umum Surabaya sudah ada sejak 2 tahun lalu

Warga Bantu Warga, Ghina Sediakan Makanan untuk Pasien IsomanLayanan Dapur Umum Surabaya untuk warga yang menjalani isolasi mandiri. Dokumentasi Istimewa

Program sosial yang digalakkan Dapur Umum Surabaya ini sebenarnya bukan kali pertama. Sebab, telah berjalan sejak dua tahun lalu. Mulanya, Ghina beserta suami dan temannya mendirikan dapur umum di dekat rumahnya kawasan Surabaya Barat. Di situlah, ia memproduksi permakanan untuk dibagikan ke masyarakat kurang mampu di Surabaya.

"Kami pengin bagi makan untuk penyapu jalan dan pemulung, kami gunakan satu rumah sebelah rumah saya untuk dapur itu," ujarnya saat ditelepon, Rabu (7/7/2021).

Dalam sebulan, Dapur Umum Surabaya mampu membagikan ribuan paket makanan. Ghina menyebut pada Juni kemarin, sebanyak 5.000 paket makanan telah dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

2. PPKM Darurat bikin Dapur Umum Surabaya alihkan sasaran ke warga yang isoman

Warga Bantu Warga, Ghina Sediakan Makanan untuk Pasien IsomanLayanan Dapur Umum Surabaya untuk warga yang menjalani isolasi mandiri. Dokumentasi Istimewa

Ketika masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Dapur Umum Surabaya mengalihkan sasarannya. Ghina menyampaikan, pihaknya lebih fokus membagikan paket makanan ke warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Saya dan suami inisiatif akan bikin makanan khusus pasien yang sedang isolasi mandiri," kata dia.

Pemberian permakanan untuk isolasi mandiri, lanjut Ghina, sudah berjalan sejak Jumat (2/7/2021) lalu. Tiap harinya ada ratusan makanan yang dikirim ke rumah-rumah warga yang sudah menghubungi Dapur Umum Surabaya. "Hari ini (Rabu) 120-an (makanan yang dibagikan)," ucapnya.

Baca Juga: Kala Rumah Yatim Bantu Anak Miskin yang Orangtuanya Wafat karena COVID

3. Bagi yang ingin dapat jatah, silakan hubungi nomor ini

Warga Bantu Warga, Ghina Sediakan Makanan untuk Pasien Isoman

Nah, bagi kalian yang sedang isolasi mandiri dan ingin menikmati pelayanan Dapur Umum Surabaya, Ghina menegaskan caranya cukup mudah yaitu dengan menghubungi nomor telepon 0895333310976. Bisa kirim pesan via Line atau Telegram atau dengan telepon langsung.

Nantinya, Dapur Umum Surabaya akan meminta data diri dan alamat rumah. Apabila sudah tercatat, maka akan segera mendapatkan kiriman makan gratis. Tapi ingat ya, ini khusus yang sedang isolasi mandiri.

4. Sediakan pula semprot disinfektan gratis

Warga Bantu Warga, Ghina Sediakan Makanan untuk Pasien IsomanProgram disinfektan yang dijalankan oleh Dapur Umum Surabaya. Dokumentasi Istimewa

Selain permakanan, Dapur Umum Surabaya juga memberikan pelayanan semprot disinfektan gratis ke rumah-rumah warga yang menjalani isolasi mandiri. Program ini sama seperti permakanan, telah berjalan sejak Jumat (2/7/2021).

"Kami berikan pelayanan foging gratis, yang daftar banyak sekali sampai hari ini. Karena ternyata banyak orang yang sedang isolasi mandiri sulit sembuh karena lingkungan atau rumahnya tidak ada jasa foging dan terbatas dana," ungkapnya.

Namun, permakanan dan disinfektan gratis dibatasi oleh Ghina. Distribusi permakanan hanya sekitaran Surabaya saja lantaran pihaknya masih menggunakan jasa kurir. Sedangkan kurir belum bisa menjangkau luar kota. Sedangkan semprot disinfektan, dibatasi lima rumah tiap harinya.

Baca Juga: Bantu Penanganan COVID-19, Ratusan Warga Yogyakarta Jadi Relawan 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya