Tak Mau Kalah dengan Singapura, Surabaya Juga Sediakan Wi-Fi Gratis

Makin mempermudah kebutuhan internet warga nih

Singapura, IDN Times - Pengunjung maupun warga Singapura sepertinya tidak terlalu khawatir apabila paket data internetnya hilang. Sebab, pemerintahnya sudah menyediakan akses Wi-Fi gratis di banyak titik, khususnya tempat pelayanan publik. Tak mau kalah, ternyata Surabaya sudah menyiapkannya.

1. Di Singapura Wi-Fi gratis tanpa password

Tak Mau Kalah dengan Singapura, Surabaya Juga Sediakan Wi-Fi GratisSuasana Changi Airport, Singapura. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sewaktu IDN Times berkesempatan berkunjung ke Singapura, Jumat (20/12), Wi-Fi gratis yang disediakan pemerintahnya tidak digembok alias tidak butuh password dan username. Pengguna hanya diminta memasukkan kode negara asal dan nomor teleponnya. Kemudian mendapat kode OTP via SMS. Wi-Fi gratis berkecepatan tinggi siap dinikmati.

2. Pemkot Surabaya sudah memasangnya di taman kota

Tak Mau Kalah dengan Singapura, Surabaya Juga Sediakan Wi-Fi GratisTaman di depan Museum Bank Indonesia, Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman

Sementara di Surabaya, Wi-Fi gratis juga sudah disediakan. Pemerintah kota (pemkot) memprioritaskan pemasangannya di taman-taman yang ada di Kota Pahlawan. Rencananya, Wi-Fi gratis terus ditambah tahun ini.

"Penambahan Wi-Fi seiring bertambahnya taman maupun hutan kota di Surabaya," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Surabaya M. Fikser kepada IDN Times, Senin (23/12).

Baca Juga: Mengungkap Rahasia Warga Singapura Lebih Memilih Transportasi Umum

3. Wi-Fi gratis juga tersedia di instansi pemerintah maupun pelayanan publik

Tak Mau Kalah dengan Singapura, Surabaya Juga Sediakan Wi-Fi GratisIlustrasi Wi-Fi. pexels.com/@rawpixel

Selain taman, lanjut mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini, Wi-Fi gratis juga disediakan di instansi pemerintah maupun pelayanan publik. Sayangnya, jika ingin menikmatinya, harus tanya terlebih dahulu ke petugas instansi.

"Memang tidak langsung terhubung, itu petugas di sana kan tahu semua," kata Fikser.

4. Suroboyo Bus juga dilengkapi Wi-Fi

Tak Mau Kalah dengan Singapura, Surabaya Juga Sediakan Wi-Fi GratisSuroboyo Bus. IDN Times/Edwin Fajerial

Lebih lanjut, Wi-Fi gratis di Surabaya juga dipasang di transportasi umum milik pemkot. Salah satunya yaitu Suroboyo Bus. "Kami sudah melengkapi 20 bus dengan Wi-Fi, sama saja tinggal tanya petugas nanti dikasih password-nya," ucapnya.

Semua Wi-Fi gratis yang disediakan pemkot memiliki kapasitas kecepatan sedang. Ke depan, kecepatannya terus di-upgrade menyesuaikan kebutuhan yang ada. Sehingga, bisa memberikan kenyamanan siapapun yang ada di Kota Pahlawan.

Baca Juga: Mengintip Rahasia Singapura Mengelola Air Bersih

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya