Comscore Tracker

Tak Hafal Pancasila, Legislator PKB Yakin Mundurnya Direstui DPP

Masih proses di partainya

Surabaya, IDN Times - Anang Akhmad Syaifuddin yakin pengunduran dirinya dari jabatan Ketua DPRD Lumajang akan dikabulkan oleh DPP PKB. Sebelumnya, Anang sempat viral karena tidak hafal Pancasila. Dia pun mengundurkan diri dari jabatannya, tapi ditolak DPW PKB Jatim.

1. Sudah diproses oleh DPP PKB

Tak Hafal Pancasila, Legislator PKB Yakin Mundurnya Direstui DPPKetum PKB, Muhaimin Iskandar saat Festival Al-Banjari di Kantor DPW PKB Jatim, Sabtu (3/12/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Ketika ditemui di Kantor DPW PKB Jatim, Anang mengaku kalau pengunduran dirinya kini sedang diproses oleh DPP PKB. Bahkan penggantinya mulai disiapkan. Nantinya, keputusan itu akan diterbitkan surat oleh PKB.

"Ini sudah proses di internal (PKB). Sudah disiapkan pengganti saya. Sudah diterima (surat pengunduran diri saya)," ujarnya di sela acara Gus Muhaimin Festival Al-Banjari, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Gak Hafal Pancasila, Ketua DPRD Lumajang Mundur

2. Ajukan sekretarisnya jadi pengganti

Tak Hafal Pancasila, Legislator PKB Yakin Mundurnya Direstui DPPAnang Akhmad Syaifuddin akhirnya mundur dari jabatan Ketua DPRD Lumajang pada Senin (12/9/2022). Dok. Istimewa.

Terkait penggantinya, sambung Anang, dia mengusulkan Sekretaris DPC PKB Lumajang yang juga bagian dari Fraksi PKB DPRD Lumajang, Eko Adis Prayoga. Diketahui, Eko di DPRD Lumajang juga mengemban jabatan Ketua Komisi B, anggota Badan Musyawarah dan Badan Anggaran.

"Rencananya Eko Adis Prayoga dari fraksi (PKB), haqqul yaqin (pengunduran diri saya siterima), derajatnya di atas yakin," tegas Anang.

3. Video Anang tak hafal Pancasila terekam saat audiensi harga BBM subsidi

Tak Hafal Pancasila, Legislator PKB Yakin Mundurnya Direstui DPPAnang Akhmad Syaifuddin akhirnya mundur dari jabatan Ketua DPRD Lumajang pada Senin (12/9/2022). Dok. Istimewa.

Sebelumnya, Video Ketua DPRD Lumajang, Anang tidak hafal Pancasila beredar luas di media sosial (medsos) Senin (12/9/2022) pagi. Video itu diduga direkam oleh demonstran yang sedang audiensi di Ruang Sidang Paripurna saat memprotes kenaikan harga BBM subsidi.

Dalam video itu tampak Anang membacakan Pancasila di hadapan massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Melalui mikrofon di tangannya, dia memimpin pengucapan Pancasila, kemudian diikuti oleh massa.

Awalnya lancar saat mengucapkan pada Sila pertama sampai ke tiga. Ketika menyebut sila ke empat salah. "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan," sebutnya. Massa mahasiswa yang hadir langsung menyoraki dan menyalahkannya.

Baca Juga: PKB Jatim Tolak Pengunduran Diri Anang dari Ketua DPRD Lumajang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya