Sah! Arum Sabil Pimpin Pramuka Jatim Gantikan Gus Ipul

Emil Dardak mundur sebagai calon

Surabaya, IDN Times - Kepemimpinan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur (Jatim) resmi berganti setelah digelarnya Musyawarah Daerah (Musda) di Batu, Rabu (16/12/2020). Ketua kwarda sebelumnya, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul kini digantikan HM Arum Sabil yang akan menjabat dalam periode 2020-2025.

"Dari persyaratan hanya Kak Arum Sabil yang memenuhi. Dengan demikian HM. Arum Sabil sah sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur masa bakti periode 2020-2025," ujar pimpinan sidang, Prof Suyatno.

1. Arum Sabil siap pimpin pramuka

Sah! Arum Sabil Pimpin Pramuka Jatim Gantikan Gus IpulArum Sabil jadi Kakwarda Pramuka Jatim. Dokumentasi Istimewa

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, Arum mengatakan kesiapannya memimpin Pramuka Jatim. Dalam Musda, sebenarnya ada tiga nama  yang digadang sebagai pengganti Gus Ipul. Yakni Emil Dardak, Purmadi, dan Arum Sabil. Namun dari tiga nama tersebut haya Arum Sabil yang menyatakan kesediaannya.

"Jika hanya saya yang memenuhi persyaratan, maka dengan ini saya nyatakan siap menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim dan siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini provinsi Jawa Timur untuk memajukan pramuka," tegasnya.

2. Purmadi dan Emil mundur

Sah! Arum Sabil Pimpin Pramuka Jatim Gantikan Gus IpulArum Sabil jadi Kakwarda Pramuka Jatim. Dokumentasi Istimewa

Sementara Purmadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarda Pramuka Jatim menyatakan tidak sanggup maju melalui surat pernyataan resminya. Sedangkan Emil mengundurkan diri dari pencalonan melalui akun Instagram miliknya @emildardak

"Atas berbagai pertimbangan untuk Musda kali ini kami telah memohon izin untuk tidak berpartisipasi sebagai kandidat dan akan senantiasa mendukung Pramuka dalam kapasitas kami di Pemprov Jatim," tulis Emil.

"Semoga Musda berjalan lancar dalam memajukan Pramuka Jatim. Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan!," lanjut dia.

Baca Juga: Hari Pramuka, Ini 5 Fakta Unik Kepanduan Indonesia dan Dunia

3. Arum Sabil aktif di Pramuka sejak SMA dan praktisi pertanian

Sah! Arum Sabil Pimpin Pramuka Jatim Gantikan Gus IpulArum Sabil jadi Kakwarda Pramuka Jatim. Dokumentasi Istimewa

Sekadar diketahui, Arum Sabil bukan nama baru di dunia pramuka. Dia aktif sebagai anggota sejak duduk di bangku SMA. Bagi dunia pertanian, perkebunan, dan peternakan Arum dikenal sebagai praktisi. Padepokan miliknya di Jember menerapkan sistem organik dan zero waste. Dia juga aktif menggelorakan pentingnya pendidikan untuk masyarakat pedesaan.

Baca Juga: Peringati Hari Pramuka ke-58, Gubernur Jabar: Pramuka Teladan Kebangsaan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya