Comscore Tracker

Permukiman Dekat Aliran Lahar Gunung Semeru Segera Diberi Penanda

Penanda memudahkan evakuasi

Surabaya, IDN Times - Pemetaan lahar Gunung Semeru menjadi fokus utama untuk mitigasi bencana apabila terjadi erupsi lagi. Petugas gabungan pun langsung melakukan pantauan baik melalui darat maupun udara. Hasil pantauan itu segera dianalisa untuk kemudian dilakukan pemetaan. Selanjutnya, titik rawan bencana akan diberi penanda.

1. Berencana beri penanda

Permukiman Dekat Aliran Lahar Gunung Semeru Segera Diberi PenandaSuasana jalur lahar panas Gunung Semeru di kawasan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Pemetaan aliran lahar Gunung Semeru ini juga dilakukan bersama Polda Jawa Timur (Jatim). Kapolda Irjen Pol Nico Afinta mengaku ikut melakukan pantauan dari udara. Hasilnya, tercipta analisa kawasan terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru.

"Akan kita buat penanda, di mana penanda tersebut akan mempertegas zona atau jalur yang berpotensi memiliki tingkat kerawanan bencana erupsi," ujarnya saat di Surabaya, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Area Erupsi Semeru Buat Swafoto, Bupati Lumajang: Ini Bukan Wisata!

2. Penanda untuk memudahkan proses evakuasi dan keselamatan masyarakat

Permukiman Dekat Aliran Lahar Gunung Semeru Segera Diberi PenandaJalur material awan panas letusan Gunung Semeru yang membuat jembatan putus di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Kapolda kelahiran Surabaya ini membeberksn, kondisi terkini Gunung Semeru. Dia menyebut memang dibutuhkan pemetaan batas zona aman. Hal ini demi memudahkan proses evakuasi oleh Tim SAR gabungan.

"Dibutuhkan pemetaan batas zona aman di sekitar lereng Gunung Semeru. Rekomendasi penanda wilayah batas aman dan rawan, yang bertujuan membantu petugas dan masyarakat yang tergabung dalam SAR Gabungan evakuasi," katanya.

3. Tapi hasilnya masih dikoordinasikan dengan stakeholder

Permukiman Dekat Aliran Lahar Gunung Semeru Segera Diberi PenandaWarga melihat material awan panas erupsi Gunung Semeru yang mengalir di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Hasil pantauan dan analisa, lanjut jenderal dua bintang ini, juga segera dikoordinasikan dengan para pemangku kepentingan. "Hasil analisa ini akan dikoordinasikan dengan stakeholder terkait seperti Badan Vulkanologi, Basarnas dan BPBD serta Pemda dan instansi terkait," pungkas Nico.

Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Bagi yang ingin berdonasi untuk saudara-saudara kita yang terdampak erupsi gunung semeru dapat disalurkan ke sini

Baca Juga: Kabar Baik! Bantuan Tambahan Kuota Internet Kemendikbud Segera Cair

Baca Juga: Lebih Baik Beri Uang, Bantuan Korban Erupsi Semeru Cukup untuk 30 Hari

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya