Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, 12 Ribu Ton Dibom 

Kebakaran hutan dan lahan mengepung Jawa Timur

Surabaya, IDN Times - Penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Arjuno-Welirang di Kabupaten Mojokerto terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim). Meski sempat tertunda, water bombing kembali dilanjutkan, Selasa (22/10).

1. Sebanyak 12 ribu ton air dibawa ke Gunung Arjuno-Welirang

Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, 12 Ribu Ton Dibom Ilustrasi water bombing. Dok.BNPB

 

Kasi Kedaruratan BPBD Jatim, Satriyo Nur Seno mengatakan, kondisi cuaca di sekitar Gunung Arjuno-Welirang cukup bersahabat pada Selasa pagi. Pihaknya pun mengoptimalkan water bombing. Ribuan ton air dilepaskan di titik karhutla.

"Hari ini sudah optimal jalan. Sudah sekitar 12 ribu ton pemadaman dilakukan di Arjuno-Welirang, tapi juga kan banyak titiknya belum bisa padamkan semua," ujarnya, Selasa (22/10).

2. Operasi water bombing hanya berlangsung 5 jam

Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, 12 Ribu Ton Dibom Ilustrasi water bombing. Dok.BNPB

 

Akan tetapi, water bombing yang dilakukan hanya berlangsung lima jam saja. Yakni pukul 06.00-11.00 WIB. Pada pukul 12.00 WIB dilakukan istirahat, tapi pukul 13.00 WIB angin kencang 35 knot berhembus lagi di sekitar Gunung Arjuno.

"Tidak berani untuk terbang sudah berbahaya," kata Satriyo. Sebab yang paling aman ialah 10 knot.

Baca Juga: Sempat Terkendala Cuaca, Water Bombing Arjuno Dilanjutkan Hari Ini

3. Karhutla meluas satu pekan terakhir

Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, 12 Ribu Ton Dibom ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

 

Selain Arjuno-Welirang, karhutla di Jatim terus meluas. Dalam satu pekan, ada enam wilayah gunung yang terbakar. Di antaranya, Gugusan Gunung Ijen, Tahura Raden Soerjo Arjuno-Welirang, Gugusan Gunung Wilis, Pegunungan Kawi, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan Gunung Raung.

4. Luasnya capai tiga ribu hektare lebih

Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, 12 Ribu Ton Dibom Kebakaran Gunung Arjuno beberapa waktu lalu. Dok.BNPB

 

BPBD Jatim belum bisa memetakan dampak kebakaran. Namun hasil laporan yang diterima dampak kebakaran telah menghanguskan setidaknya tiga ribu hektar lebih.

"Kalau luasannya itu kami belum bisa mendata-data secara rinci. Tapi info dari kawan-kawan, Perhutani maupun Tahura maupun TNBTS ada ribuan hektar," tandas Satriyo.

Baca Juga: Operasi Heli Water Bombing di Gunung Arjuno Terkendala Anging Kencang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya