Comscore Tracker

Muhammadiyah Sudah Tetapkan Idulfitri, NU Tentukan Hari Ini

Muhammdiyah dan NU diperkirakan lebaran bersama

Surabaya, IDN Times - Muhammadiyah secara resmi menetapkan 1 Syawal 1442 Hijiriah atau Hari Raya Idulfitri jatuh pada Kamis (13/5/2021). Sementara Nahdlatul Ulama (NU) hingga kini belum menentukan lantaran masih akan melakukan pemantauan anak bulan atau yang lebih dikenal Rukyatul Hilal.

1. Rukyatul hilal digelar sore ini di 27 titik di Jatim

Muhammadiyah Sudah Tetapkan Idulfitri, NU Tentukan Hari IniPengamatan hilal. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ketua PW Lembaga Falakiyah NU Jawa Timur (Jatim), Shofiyullah mengatakan, rukyatul hilal rencananya akan dilakukan Selasa (11/5/2021) sore ini. Ada 27 titik yang sudah ditentukan untuk rukyatul hilal nanti.

"Rukyatul hilal kita laksanakan tanggal 29 Ramadan, karena memang rukyat itu tanggal 29," ujar Gus Shofi.

2. Hilal diprediksi tidak terlihat

Muhammadiyah Sudah Tetapkan Idulfitri, NU Tentukan Hari IniIDN Times/Abdurrahman

Berdasarkan sudut pandang Ilmu Falak, kata Gus Shofi, hilal sangat mungkin tidak bisa dilihat saat dipantau nanti. Alasannya, ijtimak baru terjadi pada pukul 02.00 WIB, Rabu (12/5/2021).

"Sementara syarat lahirnya hilal kalau sudah terjadi ijtimak. Jadi, kalau ijtimaknya belum terjadi enggak mungkin lahir hilal," kata dia.

Lebih lanjut, ketika rukyatul hilal nanti diprediksi posisinya masih minus empat derajat di bawah ufuk. Sedangkan syarat terlihatnya hilal di Indonesia minimal dua derajat di atas ufuk.

"Kalau minus itu menunjukkan bahwa hilal sudah terbenam lebih dulu sebelum waktu paling bagus pemantauan dilakukan, yakni saat terbenamnya Matahari," ungkap dia.

"Minus itu maksudnya berarti menunjukkan bulan itu saat Maghrib, yang itu saat yang paling bagus untuk melihat hilal, hilal itu sudah terbenam lebih dulu. Jadi kalau sudah terbenam, kita mau melihat apa. Kan, tidak mungkin," Gus Shofi menambahkan.

Baca Juga: Jelang Idulfitri, 78,9 Persen Produk Pangan di Jatim Tanpa Izin Edar 

3. Jika belum memenuhi syarat, maka puasa akan digenapkan 30 hari, Idulfitri NU dan Muhammadiyah barengan

Muhammadiyah Sudah Tetapkan Idulfitri, NU Tentukan Hari IniIDN Times/Imam Rosidin

Meski begitu, rukyatul hilal tetap dilaksanakan. Karena tidak terlihatnya hilal menjadi dasar untuk menentukan Ramadan istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari. Artinya, Ramadan tahun ini dilaksanakan 30 hari, yaitu berakhir pada Rabu (12/5/2021).

"Karena kalender Hijriah itu maksimal 30 hari. Nabi sudah memberikan pedoman bahwa kalender Hijriah itu kalau enggak 29, ya, 30 [hari]. Kamisnya itu adalah tanggal 1 Syawal," pungkas Gus Shofi. Maka, Idulfitri Muhammadiyah dan NU diperkirakan akan dilaksanakan secara bersamaan.

Baca Juga: Cuaca Diperkirakan Cerah Berawan, Tak Ganggu Pantauan Hilal di Jatim

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya