Milenial Keluhkan KA Lokal Belum Operasional, Daop 8 Tunggu Pusat

Padahal angkutan umum lain seperti bus sudah beroperasi

Surabaya, IDN Times - Sejumlah kereta api lokal di kawasan Daop 8 Surabaya masih belum beroperasi. Sebab, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Belum adanya kereta api lokal ini dikeluhkan oleh milenial.

1. Harusnya beroperasi dengan syarat prokes ketat dan sudah vaksin

Milenial Keluhkan KA Lokal Belum Operasional, Daop 8 Tunggu Pusatilustrasi vaksin dan jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Seorang milenial, Linggar (26) mengaku heran dengan kebijakan yang berlaku pada PPKM Level 4 dengan meniadakan kereta api lokal. Sebab, transportasi lain seperti bus dan kendaraan pribadi sudah boleh beroperasi antarkota. Penyekatan di perbatasan juga mulai dibongkar.

"Terus kenapa kok gak ada kereta api? Kalau buat pencegahan COVID-19 yang harusnya gak ada semua, masak virus menular lewat kereta api saja? Harusnya tetap ada dengan syarat seperti prokes, dan sudah vaksin," ujarnya, Senin (16/8/2021).

2. Daop 8 masih tunggu kebijakan terbaru pemerintah terutama Kemenhub

Milenial Keluhkan KA Lokal Belum Operasional, Daop 8 Tunggu PusatIlustrasi kereta api. IDN Times/Dhana Kencana

Sementara itu, Manajer Humas KAI Daop 8, Luqman Arif menjelaskan bahwa aturan yang ada sekarang memang ada beberapa kereta api lokal belum beroperasi. Terkait kapan akan operasional kembali, ia masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Sebab hari ini merupakan hari terakhir PPKM Level 4.

"Masih nunggu keputusan pemerintah hari ini. Kemudian lihat aturan dari Kemenhub bagaimana bunyinya. SE (Surat Edaran) Kemenhub yang atur," terangnya.

Baca Juga: 12 Kereta Api di Madiun Dibatalkan, Uang Tiket Dikembalikan

3. Ada tiga kereta api lokal tidak beroperasi saat PPKM Level 4

Milenial Keluhkan KA Lokal Belum Operasional, Daop 8 Tunggu PusatKereta api lokal. Dokumentasi Istimewa

Luqman menambahkan, untuk kereta api lokal yang tidak beroperasi selama PPKM Level 4 ini ada tiga. Yakni Kereta Api Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar (PP), Kereta Api Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar (PP), dan kereta api relasi Surabaya – Pasuruan (PP).

"Memang selama PPKM Level 4 ada tiga yang belum beroperasi," pungkasnya.

Baca Juga: Empat Gerbong Kereta Api Ini Tampil Beda Jelang HUT RI ke-76

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya