Masuk Pancaroba, Surabaya Mulai Diguyur Hujan

Jangan lupa bikin puisi pas ujan turun ya guys...

Surabaya, IDN Times - Mendung menggunung mulai terpantau di Surabaya dan sekitarnya, Sabtu (10/10/2020) siang. Tak lama setelah itu, sore harinya rintik hujan mulai turun. Seorang karyawan swasta, Ihwan Fajar mengatakan bahwa hujan lebat terjadi di kawasan Gubeng, Surabaya yang membuatnya basah kuyup.

"Hujan deras di sekitar Monkasel (monumen kapal selam)," ujarnya kepada IDN Times.

Hal yang sama dituturkan oleh Rizky yang tengah melintas di jalan tol menuju Sidoarjo. Dia menyebut hujan deras sempat diterjangnya dengan kecepatan mobil 100 km/jam. Senada, Miftah Dian mengaku kehujanan di kawasan Bangil, Kabupaten Pasuruan hingga Porong, Sidoarjo.

"Tadi pas berangkat dari Pasuruan sudah hujan. Terus nunggu reda, ternyata di jalan sampai Gempol-Porong hujan lagi tapi gak deras banget kok," kata Miftah.

1. Kawasan Surabaya dan sekitarnya masuk masa pancaroba

Masuk Pancaroba, Surabaya Mulai Diguyur HujanIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Teguh Tri membenarkan bahwa mulai 10 Oktober 2020, Surabaya dan sekitarnya sudah diguyur hujan. Meski begitu, kawasan Kota Pahlawan itu belum memasuki musim penghujan.

"Untuk Surabaya dan Sidoarjo di bulan Oktober ini masih dalam masa peralihan atau pancaroba, artinya menuju ke awal musim penghujan," jelasnya dikonfirmasi, Minggu (11/10/2020).

2. Waspada dengan potensi cuaca ekstrem saat pancaroba

Masuk Pancaroba, Surabaya Mulai Diguyur Hujanunsplash.com/Nick Scheerbart

Pancaroba, lanjut Teguh, bukanlah musim, tetapi masa peralihan yang ditandai oleh kondisi cuaca yang tidak menentu. Seperti halnya dari panas tetiba hujan, maupun dari angin tenang tetiba menjadi angin kencang. Maka dari itu, BMKG mengingatkan masyarakat supaya senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem.

"Bisa saja puting beliung, hujan lebat disertai petir atau kilat dan hujan es. Serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang," bebernya.

Baca Juga: Polisi dan Pemkot Surabaya Kejar Perusak CCTV Grahadi

3. Hari ini diprediksi hujan sedang, musim penghujan diperkirakan November

Masuk Pancaroba, Surabaya Mulai Diguyur HujanIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan turun lagi hari ini di Jawa Timur. Bahkan beberapa daerah seperti Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Bondowoso mendapatkan peringatan dini. Sebab, diprediksi hujan yang turun disertai angin dan petir pada siang hingga sore hari. Sementara musim penghujan sendiri diprediksi bulan depan.

"Surabaya dan Sidoarjo memasuki awal musim hujan diprediksi di bulan November dasrian 2-3," ucap Teguh.

Baca Juga: Surabaya Sumuk Pol, Begini Penjelasan BMKG

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya