Literasi Arek Suroboyo Diklaim Tinggi, 530 Taman Baca Sudah Berdiri

Tersendat keadaan pandemik

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya mengeklaim tingkat literasi atau minat baca arek-arek Suroboyo tinggi. Geliat itu juga diimbangi dengan didirikannya ratusan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kota Pahlawan.

Baca Juga: 8 Taman di Surabaya Dibuka, Wajib Jaga Prokes agar Tidak Ditutup Lagi 

1. Ada 530 TBM dan 2 perpustakaan kota

Literasi Arek Suroboyo Diklaim Tinggi, 530 Taman Baca Sudah BerdiriPerpustakaan Rakyat di salah satu kelurahan di Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Surabaya, Musdiq Ali Suhudi mengatakan, sekarang ini telah berdiri 530 TBM. Ditambah dengan dua perpustakaan kota. Namun sejak merebaknya pandemik COVID-19, program TBM dihentikan sementara waktu.

"Sudah 2 tahun terakhir tidak ada penambahan TBM," ujarnya ketika dikonfirmasi, Minggu (30/5/2021).

2. Beberapa TBM operasionalnya dihentikan

Literasi Arek Suroboyo Diklaim Tinggi, 530 Taman Baca Sudah BerdiriBelajar membaca sejak dini. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Terhambatnya pendirian dan operasipnal TBM di Surabaya ini tentunya sangat disayangkan oleh Musdiq. Pasalnya, minat baca masyarakat khususnya usia sekolah sangat tinggi. "Minat baca masyarakat cukup tinggi, hanya kendala di masa pandemik ini karena hampir semua TBM masih tutup," katanya.

3. Tapi ada yang masih buka

Literasi Arek Suroboyo Diklaim Tinggi, 530 Taman Baca Sudah BerdiriIlustrasi sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Akan tetapi, Musdiq memberitahukan kepada masyarakat kalau beberapa TBM masih buka dengan aturan sesuai protokol kesehatan. "Kecuali perpus kota dan di Taman Ekspresi dan Taman Kebun Bibit Bratang, jadi event literasi banyak kita lakukan dengan sarung," katanya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya