Larang Mudik, Polisi Sebar Personel dan Lakukan Penyekatan

Pulang kampung dilarang gak?

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 3.300 personel Polda Jawa Timur diterjunkan untuk Operasi Keselamatan Semeru 2021 selama bulan Ramadan. Operasi ini juga bertujuan untuk mengantisipasi pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman.

"Kita mulai kegiatan ini dari tanggal 12 April ya," Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta di Mapolda Jatim, Senin (12/4/2020). Menurut Nico, Polda Jatim akan mengedapankan sosialisasi tentang larangan mudik tahun ini. 

1. Lakukan sosialisasi larangan mudik serta penyekatan di 7 rayon

Larang Mudik, Polisi Sebar Personel dan Lakukan PenyekatanIlustrasi Roadtrip (Mudik) (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain sosialisasi, pencegahan mudik juga dilakukan Polda Jatim dengan melakukan penyekatan di tujuh titik rayon. Titik-titik tersebut antara lain, Rayon Banyuwangi, Rayon Malang, Rayon Kediri, Rayon Madiun, Rayon Surabaya, Rayon Mojokerto dan Rayon Madura.

"Kami akan melakukan beberapa penyekatan, kami sosialisasikan dari sekarang. Jadi sosialisasi dan edukasi ini maknanya supaya masyarakat mengerti dan melaksanakan program pemerintah," kata Nico.

Baca Juga: Cuaca Diperkirakan Cerah Berawan, Tak Ganggu Pantauan Hilal di Jatim

2. Sebut larangan mudik sebagai langkah yang tepat

Larang Mudik, Polisi Sebar Personel dan Lakukan PenyekatanKapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. ANTARA/Firman

Menurut Jenderal dua bintang ini, pelarangan mudik oleh pemerintah sudah sangat tepat. Mengaca tahun lalu, kenaikan kasus acap kali terjadi pascalibur panjang. Seperti libur Idulfitri, Kemerdekaan RI hingga Natal dan Tahun Baru.

"Kita alami dari tahun kemarin yaitu Natal dan Tahun Baru, kemudian mudik tahun kemarin juga, selesai liburan, angka COVID-19 naik," ungkap Nico.

3. Minta masyarakat dukung larangan mudik

Larang Mudik, Polisi Sebar Personel dan Lakukan PenyekatanIlustrasi Moda Transportasi untuk Mudik. (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolda kelahiran Surabaya ini berharap masyarakat juga memahami dengan kondisi yang ada sekarang ini. Terlebih, vaksinasi COVID-19 masih belum merata, di Jatim maupun nasional. Artinya, kekebalan kelompok masih belum terbentuk.

"Tentunya kami mohon dukungan masyarakat dan mohon memberitahukan sanak saudaranya supaya nanti lebaran tetap di rumah," harapnya.

Baca Juga: Video Boleh Mudik, Kadiskominfo Jatim: Sudah Kami Take Down

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya