Khofifah Sebut 6 Daerah Jatim Level 1, Tapi di Inmendagri Nihil

Di inmendagri level 2 dan 3

Surabaya, IDN Times - Pemerintah secara resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level Jawa-Bali hingga 20 September mendatang. Namun ada perbedaan status antara Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dengan asesmen Kementerian Kesehatan.

1. Asesmen sebut 6 kabupaten level 1

Khofifah Sebut 6 Daerah Jatim Level 1, Tapi di Inmendagri NihilDiskominfo Jatim

Berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyebut bahwa level 1 di wilayah setempat ada enam kabupaten. Yakni Kabupaten Lamongan, Jember, Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Banyuwangi.

Sementara level 2 ada 19 kabupaten/kota. Yaitu, Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Bojonegoro dan Bangkalan.

Lebih lanjut, untuk level 3 ada sebanyak 13 kabupaten/kota di Jatim. Antara lain, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Bondowoso, dan Blitar.

"Alhamdulillah hari ini sudah terjadi penambahan kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level 1. Total ada 6 kabupaten/kota yang berada pada level 1. Data ini berasal dari assesment situasi COVID-19 yang dirilis Kemenkes RI per hari ini,” ujar Khofifah, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Imbas Pandemik, 35 Ribu PMI Pulang ke Jatim Sejak Awal Tahun

2. Jatim terus lakukan vaksinasi dan prokes

Khofifah Sebut 6 Daerah Jatim Level 1, Tapi di Inmendagri NihilIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Melihat kondisi sesuai asesmen Kementerian Kesehatan, Khofifah mengajak terus fokus penanganan. Termasuk pemcanangan vaksinasi COVID-19. Berdasarkan data KCPEN per 13 September 2021, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 11.679.097 orang dan dosis kedua mencapai 6.377.640 orang.

Meski begitu, Khofifah mengingatkan kepada semua elemen masyarakat untuk tetap menjaga kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak yang aman, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Kondisi seperti ini patut kita syukuri saat ini. Jatim sudah bebas zona merah dan terlepas dari level 4. Vaksinasi terus kita gencarkan. Namun prokes jangan sampai lengah. Tetap jaga prokes agar kita segera bisa keluar dari pandemik," kata dia.

3. Inmendagri sebut Jatim PPKM Level 2 dan 3

Khofifah Sebut 6 Daerah Jatim Level 1, Tapi di Inmendagri NihilIlustrasi PPKM Darurat. IDN Times/ istimewa

Akan tetapi, menurut Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021 menyebut bahwa PPKM Level di Jatim masuk kategori 2 dan 3. Level 2 ada 12 kabupaten/kota. Yaitu Banyuwangi, Pasuruan, Jember, Kota Kediri, Jombang, Tuban, Sumenep, Sampang, Probolinggo, Pamekasan,Kota Pasuruan dan Bojonegoro.

Level 3 ada 26 kabupaten/kota. Yakni Tulungagung, Trenggalek, Situbondo, Sidoarjo, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Lumajang, Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kediri, Bondowoso, Blitar, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Lamongan, Gresik dan Bangkalan.

Baca Juga: Puluhan Destinasi Wisata di 11 Daerah Jatim Dibuka Terbatas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya