Jadi Tahanan KPK, Bupati Tulungagung Akan Dilantik di Jakarta

Setelah dilantik akan kembali ke tahanan lagi

Surabaya, IDN Times - Pelantikan kepala daerah di Gedung Grahadi Surabaya sejatinya diikuti 13 pasangan. Namun, Gubernur Jatim Soekarwo hanya melantik 12 kepala daerah saja, Senin (24/9). Ternyata 1 kepala daerah yakni Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung baru akan dilantik di Kementerian Dalam Negeri pukul 14.00 WIB, Selasa (25/9).

1. KPK tidak mengizinkan pelantikan di Surabaya

Jadi Tahanan KPK, Bupati Tulungagung Akan Dilantik di Jakarta(Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (sebelah kanan)) ANTARA FOTO/Yulius Satria

Pakde Karwo sapaan akrabnya mengatakan kalau pelantikan terpaksa dilakukan di Kemendagri. Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan Syahri Mulyo sebagai tersangka. "Karena pinjam kpk gak bisa ke sini. Bisanya di jakarta. Saya kirim surat diizinkan tapi tidak bisa ke Surabaya tapi di Jakarta," ujarnya usai pelantikan.

2. Gubernur akan segera tugaskan Wabup menjadi Plt Bupati

Jadi Tahanan KPK, Bupati Tulungagung Akan Dilantik di JakartaYouTube.com

Setelah dilantik, Pakde Karwo akan menugaskan Wakil Bupati terpilih, Maryoto Birowo. Dia akan ditetapkan sebagai Plt Bupati Tulungagung. "Begitu selesai saya serahkan sudah tandatangani pltnya saya serahkan kepada Pak Birowo. Saya sendiri yang akan melantiknya besok," kata Gubernur dua periode.

Baca Juga: Bupati Non Aktif Syahri Mulyo Resmi Ditahan KPK

3. Syahri Mulyo menang 59,8 persen di Pilbup Tulungagung

Jadi Tahanan KPK, Bupati Tulungagung Akan Dilantik di JakartaANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Meski berstatus tahanan KPK dalam kasus dugaan korupsi proyek infrastruktur di daerahnya, Syahri Mulyo tetap memenangkan Pilkada Kabupaten Tulungagung Juni lalu. Syahri Mulyo yang berpasangan dengan Maryoto Birowo menang telak atas lawannya Margiono-Eko Prisdianto. Pasangan nomor urut 2 itu unggul jauh dengan mendapat 59,8 persen suara atau mengantongi 355.966 suara. Sedangkan pasangan Mardiko dengan nomor urut 1 memperoleh 40,2 persen atau hanya 238.996 suara. 

Baca Juga: KPK Gak Mau Didesak Lebih Cepat Usut Kasus Bupati Tulungagung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya