Hitung Cepat TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 71,2 persen

Tunggu hasil real count lebih aman

Surabaya, IDN Times - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur (Jatim) membeberkan hasil sementara hitung cepat yang dilakukan oleh internalnya. Tim sukses ini mengklaim, pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma'ruf Amin unggul jauh dari Prabowo-Sandiaga Uno.

1. Unggul 71,2 persen

Hitung Cepat TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 71,2 persenIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sekretaris TKD Jatim, Otman Ralibi mengatakan, hasil laporan saksi yang telah masuk memperoleh Jokowi-Ma'ruf Amin unggul 71,2 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 28,8 persen.

"Sejauh ini laporan saksi yang telah masuk 30 persen," ujarnya, Rabu (17/4).

2. Optimis keunggulan ini sampai hasil rill KPU

Hitung Cepat TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 71,2 persenIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Otman optimis keunggulan itu terus bertahan hingga seluruh laporan saksi masuk ke TKD Jatim. Kendati hasil hitung cepat menunjukkan keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin, ia meminta pendukung menahan diri. Hasil hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap harus ditunggu.

"Mari kita sambut kemenangan ini dengan tidak perlu terlalu berlebihan. Tetapi kita tetap harus jaga kondusifitas di Jatim. Tidak boleh lagi ada ketegangan," ungkap Otman.

3. Minta tetap jaga kondusifitas

Hitung Cepat TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 71,2 persenIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Otman juga mengimbau kepada seluruh relawan dan pendukung tetap menjaga suasana Jatim. Menghargai semua perbedaan demi persatuan bangsa. Pantauan di lapangan, sejak siang hari beberapa relawan sudah berkumpul di Posko TKD Jatim, Surabaya.

Mereka terlihat menonton hasil hitung cepat, baik yang dilakukan lembaga survei maupun internal. Seluruh relawan terpantau was-was menunggu hasil akhir hitung cepat.

4. Jokowi ajak pendukungnya bersabar dulu

Hitung Cepat TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 71,2 persenIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Sebelumnya, hasil perhitungan cepat Pilpres 2019 dari beberapa lembaga survei banyak yang menunjukkan hasil kemenangan untuk pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf. Meski begitu, Jokowi tetap ingatkan agar tidak terlalu terlena dan menunggu hasil resmi yang disampaikan oleh KPU.

"Dari indikasi exit poll dan quick count tadi sudah bisa dilihat. Namun kita harus bersabar menunggu perhitungan resmi KPU," kata Jokowi di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Baca Juga: Menang Versi Hitung Cepat, Relawan Jokowi Lakukan Aksi Gundul

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya